ADVERTISEMENT

Harga Sewa Kantor Jakarta Paling Murah di Kuningan, Ini Rinciannya

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 11 Agu 2022 15:51 WIB
Jumlah pasokan ruang perkantoran di wilayah DKI Jakarta terus bertambah. Hal ini karena semakin banyaknya gedung perkantoran yang sedang dibangun.
Daftar Harga Sewa Kantor di Jakarta Paling Murah di Kuningan, Ini Rinciannya/Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Harga sewa kantor di Jakarta masih lesu. Sedikitnya serapan pasokan lahan kantor yang ada jadi biang kerok penurunan harga sewa kantor.

Knight Frank Indonesia mencatat masih ada ruang kantor kosong di Jakarta 1,85 juta meter persegi. Total pasokan ruang kantor yang ada 6,93 juta meter persegi.

Senior Research Advisor Knight Frank Indonesia, Syarifah Syaukat menyatakan sejauh ini pola kerja hybrid yang mempertimbangkan angka penyebaran kasus COVID-19 masih jadi hambatan untuk penyerapan pasokan perkantoran. Banyak perusahaan menahan diri untuk menyewa kantor.

"Saat ini kita berada di pola kerja hybrid di fase endemi, ini tidak bisa kita pungkiri naik turunnya kasus COVID-19 masih memberikan implikasi ke pola kerja yang berlaku. Nah kondisi ini berikan pengaruh besar juga terkait performa pasar kantor di CBD Jakarta," ungkap Syarifah dalam paparan Property Market Review Knight Frank semester I-2022, Kamis (11/8/2022).

Dari empat wilayah perkantoran di Jakarta, Sudirman memiliki tingkat hunian 73%, Thamrin 73,8%, Gatot Subroto 72%, dan Kuningan 73,1%.

Soal harga, sejauh ini dalam enam bulan terakhir untuk kantor kelas premium harga sewanya turun 0,8%, untuk grade A dan B turun 0,9%. Sementara itu, ada peningkatan harga di grade C sebesar 1,1%.

Harga Sewa Kantor di Jakarta

Dalam data yang dipaparkan Syarifah, harga sewa kantor di kawasan Thamrin dan Sudirman berada di level Rp 375 ribuan per meter persegi per bulan.

Sementara itu, kawasan Gatot Subroto berada di Rp 310 ribuan per meter persegi per bulan. Nah, yang paling murah ada di kawasan Kuningan sebesar Rp 300 ribu per meter persegi per bulan.

Masih dalam paparan Syarifah, bila dilihat rata-rata harga sewa atau asking gross rental rate perkantoran di Jakarta sejak 2015, tren penurunan memang sedang terjadi.

Di kelas premium dari awalnya Rp 630 ribu per meter persegi per bulan ke angka Rp 400 ribuan per meter persegi per bulan. Kemudian, kelas kantor grade A juga mengalami penurunan harga sewa. Dari awalnya Rp 430 ribu per meter persegi per bulan menjadi Rp 330 ribu per meter persegi per bulan.

Hanya kelas kantor grade B dan C saja yang terpantau Knight Frank harganya masih stabil. Harga sewa masih berada di kisaran Rp 250 ribuan per meter persegi per bulan, dan grade C di Rp 230 ribuan per meter persegi per bulan.

Tonton juga Video: Ferra Menajang, Berbagi Hidup Dengan Para Perempuan ODGJ

[Gambas:Video 20detik]



(hal/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT