ADVERTISEMENT

Rp 23 Triliun Bakal Dikucurkan buat Proyek IKN Tahun Depan

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Selasa, 16 Agu 2022 21:00 WIB
Pemerintah berencana menghimpun anak-anak Indonesia ke dalam satu wadah. Wadah itu bernama Manajemen Talenta Nasional (MTN).
Foto: Grandyos Zafna: Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa
Jakarta -

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan pemerintah akan menyiapkan Rp 23 triliun untuk proyek Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 2023. Proyek IKN atau ibu kota baru berada di Kalimantan Timur.

Anggaran tersebut telah telah dimasukkan dalam Rancangan Undang-Undang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2023 ke dalam bagian dari anggaran belanja kementerian atau lembaga (K/L).

"Dimasukkan ke dalam K/L antara lain PUPR Perhub, KLHK polri BKPM dan ada beberapa yg lain, dn seluruhnya kira-kira sekitar Rp 23 triliun," ujar Suharso dalam Konferensi Pers dan Nota Keuangan & RUU APBN 2023 di Kantor Direktorat Jenderal Pajak (DJP) pada Selasa, (16/08/2022).

Dari jumlah tersebut, Rp 20,8 triliun berasal dari anggaran Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Anggaran tersebut ditujukan untuk pembangunan sarana prasarana dasar istana dan komplek perkantoran.

"Terbesar memang di PUPR, sekitar Rp 20,8 triliun," tambahnya.

Suharso menambahkan, jumlah Rp 23 triliun ini sesuai dengan proyeksi yang direncanakan sebelumnya yakni 20%-nya berasal dari APBN, dan diharapkan sisanya berasal dari partisipasi pihak swasta.

"Alokasi anggaran ini adalah sesuai dengan proyeksi yang kita susun dimana 20% kita harap diatasi oleh APBN dan sisanya kita harap partisipasi dari swasta, baik dalam negeri maupun luar negeri. Di luar Rp 23 triliun ini tahun depan diharap ada partisipasi dari sektor privat," ujar Suharso.

(hns/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT