ADVERTISEMENT

Berapa Harga Kos-kosan Anies yang 'Nempel' Stasiun MRT?

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Rabu, 24 Agu 2022 14:17 WIB
Baru-baru ini Gubernur Anies Baswedan meluncurkan program baru bertajuk hunian terjangkau yang dekat dengan stasiun MRT. Alaspadu, hunian sewa berkonsep co-living (kos).
Foto: Shafira Cendra Arini
Jakarta -

Pemerintah DKI Jakarta menghadirkan Alaspadu, program penyedia hunian sewa berkonsep co-living (kos) di dalam kawasan berorientasi transit (Transit Oriented Development/TOD) dengan harga terjangkau di kawasan yang dekat dengan stasiun MRT.

Perlu diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meluncurkan kos-kosan ini untuk menyasar para pekerja mandiri kalangan menengah yang tinggal di ibu kota dengan rentang penghasilan Rp 7 juta hingga Rp 20 juta sebulan.

Lantas, berapa kisaran harga dari hunian ini?

Menyambangi salah satu unitnya yakni Rukita Kudus Menteng pada Rabu (24/8/2022), detikcom melihat sebuah bangunan tiga lantai yang berlokasi di tempat yang sangat strategis. PR & Communication Manager Rukita Siska Nurifah mengatakan, konsep dari program ini ialah mendorong hunian berkualitas yang terjangkau dengan akses strategis.

"Di sini kita mendorong hunian berkualitas yang terjangkau, dengan akses strategis di tengah kota untuk para kaum urban Jakarta. Dan di sinilah, kami bekerjasama dengan MRT untuk provide hal tersebut," ujar Siska kepada detikcom, Rabu (24/8/2022).

Lebih lanjut Siska mengatakan, untuk harganya sendiri cukup bervariatif. Untuk di Menteng ini, harga sewa di mulai dari Rp 3,2 juta-an per bulan hingga yang tertinggi di Rp 3,7-an juta per bulan.

"Untuk harganya sendiri ini tergantung ya, berdasarkan luasan kamarnya. Ada beberapa kamar yang luasnya berbeda, tapi untuk fasilitasnya semua sama," tambah Siska.

Sebut saja untuk kamar termurah yaitu tipe Compact Single A dengan luas kamar 8,30 m2 yang kini di websitenya sendiri sedang promo dengan harga Rp 3,05 juta per bulan. Kemudian yang termahal yakni tipe Superior Queen A dengan luas kamar 12,60 m2 dan harga sewa Rp 3,75 juta per bulan.

Dari kedua tipe kamar itu, terlihat keduanya memiliki fasilitas yang sama, selain luas kamar dan luas tempat tidurnya. Fasilitas kamar yang tersedia antara lain kamar mandi dalam (tersedia pemanas air), tempat tidur, AC, Meja, Kursi, dan lemari pakaian.

"Selain itu sebagai fasilitas tambahan untuk kamar, kita juga sedia fitur mode. Kita bisa setting kamar sesuai mode yang diinginkan penyewa. Misalnya mode bekerja, kita setting dengan meja kerja dan lain sebagainya. Tentunya itu kena charge lagi," tambah Siska.

Sedangkan untuk fasilitas umumnya sendiri, Rukita Kudus Menteng menyediakan berbagai hal seperti ruang tamu, dapur bersama dua buah, jasa laundry gratis 3 kali seminggu, jasa pembersihan kamar, area parkir dan rooftop. Tidak hanya itu, pihaknya juga menyediakan satu aplikasi handphone yang sudah terintegrasi dengan berbagai fasilitas seperti akses pembayaran sewa.

Sementara itu, untuk keseluruhan unit Rukita yang masuk ke dalam program Alaspadu di Jakarta sendiri, rentang harga sewanya berada di kisaran Rp 1,9 juta hingga Rp 5 juta-an per bulannya. Harga tersebut bergantung pada lokasi dari hunian itu sendiri.

"Total ada 12 unit (lokasi) Alaspadu. Di antara 12, ini (Rukita Kudus Menteng) salah satu titik paling dekat dengan MRT bahkan stasiun KRL. Sangat strategis di tengah kota dan harganya sangat affordable," jelas Siska.

Dari 12 unit itu, yang diresmikan ada sejumlah 400 kamar yang tersebar di unit yang dekat dengan Stasiun Dukuh Atas BNI, Stasiun Blok M BCA, dan Stasiun Cipete Raya. Siska menambahkan, pihaknya menargetkan pada akhir tahun total mencapai 750 kamar yang tersebar di area-area TOD.



Simak Video "Start Bisnis Properti Modal UMR"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT