ADVERTISEMENT

Tips Cari Rumah Bebas Polusi, Biar Paru-paru 'Senyum' Terus

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Rabu, 14 Sep 2022 17:59 WIB
Asap Polusi pabrik. dikhy sasra/ilustrasi/detikfoto
Ilustrasi Polusi. Foto: dikhy sasra

Sementara itu, Panca menambahkan, sistem pembuangan sampah di area hunian juga perlu menjadi pertimbangan penting.

"Ada satu proyek kita, tapi pada saat kita bawa konsumen ke situ pun kebetulan itu dekat dengan TPU Bantar Gebang di Bekasi. Radiusnya cukup jauh 10 km-an, tapi di depan area perumahannya bolak-balik truk yang akan menuju ke TPU. Jadi itu mungkin bisa diperhatikan," ungkap Panca.

Dengan demikian, ia mengatakan, faktor kondisi lingkungan menjadi salah hal yang harus diperhatikan pembeli. Apalagi, menurut data base Pinhome, rata-rata pencari properti di Indonesia adalah first time buyer, yakni 70-80%.

"Kondisi lingkungan itu adalah investasi penting bagi kesehatan keluarga kita bersama dalam jangka panjang. Karena orang beli properti itu terkadang once or twice in a lifetime.

"Jadi terkadang pada saat memilih diperhatikan kondisi lingkungannya misalkan proyek-proyek yang banyak green area, ada tempat olahraga, jogging track, dan fasilitas lainnya," ujar Panca.

Akses lokasi hunian dan keamanan property pun menurut Panca perlu menjadi perhatian bagi para pembeli ini dalam mencari hunian yang tepat.



Simak Video "Polusi Udara India 4 Kali Lebih Buruk dari Jakarta, Sekolah Diliburkan"
[Gambas:Video 20detik]

(das/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT