ADVERTISEMENT

Milenial Makin Susah Punya Rumah, Harus Apa Biar Dapat Hunian?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kamis, 15 Sep 2022 20:15 WIB
Real estate or property investment. Home mortgage loan rate. Saving money for retirement concept. Coin stack on international banknotes with house model on table. Business growth background
Ilustrasi/Foto: Getty Images/iStockphoto/Zephyr18
Jakarta -

Generasi milenial disebut makin susah punya rumah karena harga yang semakin melambung tapi tak diimbangi dengan penghasilan. Dibutuhkan perencanaan dan pengelolaan keuangan yang baik untuk membeli properti.

Milenial bisa mendapatkan properti yang cocok dan pas di kantong dengan menabung untuk uang muka (down payment/DP) untuk membeli rumah dengan skema kredit pemilikan rumah (KPR). General Manager Marketing Kota Podomoro Tenjo Yoga Gunawan dalam sebuah podcast menjelaskan sebelum membeli rumah bisa melakukan penyesuaian dan persiapan bujet.

Jadi sebelum membeli harus dihitung perkiraan bujet yang diperlukan untuk membeli rumah. Dengan ini maka akan ada target untuk menyisihkan pendapatan sebagai tabungan khusus untuk membeli rumah.

"Hal ini akan membantu Anda untuk berkomitmen dalam menabung, bahkan mendorong Anda untuk mencari peluang demi menambah pemasukan di luar dari pendapatan utama," kata dia, dikutip Kamis (15/9/2022).

Hunian yang dipilih harus memberikan proyeksi kehidupan yang dapat dirasakan dan dinikmati selama 10-20 tahun ke depan. Oleh karena itu, pilihlah hunian yang menunjang aksesibilitas dan fasilitas yang lengkap. Ingat, properti tidak hanya sebagai hunian tetapi juga bagian dari investasi jangka panjang yang harus diperhatikan.

Selain itu, sebelum membeli rumah harus memiliki tujuan dan tekad yang kuat. Pasalnya saat ini banyak milenial yang terjebak di dalam lingkaran sandwich generation yang menghimpit kebutuhan ekonomi keluarga dalam waktu bersamaan.

Menurut dia justru dengan berani membeli rumah di saat sekarang adalah salah satu kunci untuk menghentikan 'sandwich generation' karena aset properti termasuk investasi jangka panjang yang dapat dinikmati bersama keluarga

Terakhir, bisa memilih memilih pengembang terpercaya dengan produk properti yang berkualitas. "Adapun, kriteria produk properti yang baik adalah yang memenuhi standar yakni mudah dan terjangkau aksesibilitasnya, didukung oleh teknologi, dan menunjang kesehatan, dan yang paling penting sesuai dengan bujet," jelas dia.

(kil/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT