Mau Bisnis Fashion Modal Rp 1 Juta? Bisa, Ini Buktinya

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 26 Agu 2020 07:15 WIB
Cotton Ink
Foto: Zaky Akbar
Jakarta -

Menjalankan bisnis di tengah lesunya perekonomian, penting untuk mencari usaha yang mengeluarkan modal seminim mungkin. Jika menjalankan bisnis fashion dinilai butuh modal banyak, ternyata bisa dengan modal Rp 1 juta.

Hal itu dilakukan oleh Ria Sarwono, saat melahirkan brand fashion Cotton Ink bersama rekannya Carline Darjanto pada tahun 2008. Saat itu, keduanya baru lulus kuliah dan memilih untuk meminjam uang kepada orang tuanya masing-masing untuk modal bisnis.

"Carline adalah lulusan fashion designer, kalau aku graphic designer. Tapi interest fashion-nya sama-sama ada. Jadi pada waktu itu aku berpikir kayaknya abis kuliah mau kerja jadi fashion stylist aja deh, terus sama Carline diajakin bikin Cotton Ink yaudah akhirnya kita bikin. Modalnya juga waktu itu cuma Rp 1 juta aku pinjam dari Ayah aku, Carline pinjam dari Ayahnya," kata Ria dalam program d'Mentor detikcom, dikutip Rabu (26/8/2020).

Uang Rp 1 juta itu untuk dibelikan dua lusin kaos putih polos yang dicetak gambar Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama. Dia bisa mengambil peluang dengan memilih Obama yang saat itu sedang banyak diidolakan.

"Kita pilih Obama karena waktu itu dia nyalonin diri jadi presiden dan kayaknya semua orang very look up to him dan dia benar-benar dilihat sebagai seseorang yang diidolakan lah waktu itu," ucapnya.

[Gambas:Video 20detik]



Awalnya dua lusin kaos cetak (printed t-shirt) tersebut dijual di Facebook dan semakin terus berkembang. Akhirnya setelah sekitar tiga tahun berjualan online, Ria dan Carline memutuskan untuk membuka toko pertama pada 2011.

"Ternyata yang kita pikirin ketika kita punya online saja nggak mudah untuk mendapat customer. Jadi waktu itu kita coba dengan buka offline store, kalau nggak salah offline store pertama 2011 di eX. eX itu kan sekarang sudah nggak ada, jadi sebelum dia tutup kayak ada special rate nih yaudah akhirnya kita bagi dua sama another local brand lain untuk buka di situ sekaligus untuk belajar kalau kita running toko tuh gimana sih," tuturnya.

Berkat modal Rp 1 juta, hingga saat ini Cotton Ink terus berekspansi melalui pasar online dan memiliki 5 toko offline yang tersebar di berbagai mal. Meskipun produk-produk yang dikeluarkan terus berkembang, Ria mengaku tidak mau terlalu buru-buru dalam mengambil keputusan untuk menambah jumlah toko.

"Karena memang kita adalah private company, jadi kita nggak ada investor dan intinya kita nggak ada suntikan uang dari investor. Jadi uang yang kita punya sekarang adalah ya hasil dari modal Rp 1 juta yang kita putar terus itu. Jadi ketika kita mau ngambil keputusan benar-benar mikir. Kalau ditanya kenapa nggak langsung buka 5 toko saja, ya karena duit sendiri. Kalau misalnya gagal gimana? Jadi kita selalu step by step," ungkapnya.

(fdl/fdl)