Mau Cari Sampingan saat Corona? Simak Nih Macam-macam Peluangnya

Tim detikcom - detikFinance
Kamis, 20 Agu 2020 10:30 WIB
young couple counting money while sitting on floor in new apartment
Foto: iStock
Jakarta -

Pandemi virus Corona membuat roda perekonomian cukup terganggu. Pemotongan gaji, pegawai yang dirumahkan, hingga pemutusan hubungan kerja (PHK) mulai marak terjadi belakangan ini. Masalah ekonomi ini sudah dirasakan banyak orang, buktinya tingkat pengangguran mengalami peningkatan yang signifikan.

Oleh karena itu, kita harus mulai pintar-pintar memanfaatkan berbagai peluang biar dapur bisa terus ngebul. Sejatinya, masih banyak peluang usaha yang bisa dikerjakan di tengah pandemi seperti sekarang ini. Apa saja contoh peluang usaha yang bisa dilakukan? berikut rangkumannya:

1. Tren Urban Farming: Niat Hobi Malah Jadi Raup Cuan

Di teras rumah berukuran 15 meter persegi, Syifa Rahmawati (31) mulai bercocok tanam berkonsep urban farming secara konvensional. Yaitu menggunakan tanah sebagai media tanamnya. Kegiatan bertani atau berkebun di pekarangan rumah ini sudah dia mulai sebelum pandemi COVID-19 melanda. Tanaman yang ia budidayakan lebih banyak ke tanaman pangan.

Hingga pada pertengahan Maret tahun ini diumumkan jika COVID-19 menjadi pandemi. Pemerintah melakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan kantor-kantor memberlakukan work from home (WFH).

Kondisi ini membuat penyuka drama Korea ini makin serius menekuni hobinya berkebun. Ia mulai bercocok tanam secara hidroponik di halaman rumah. Bermodalkan tutorial dari internet ia kini berhasil menanam banyak jenis sayuran yang sudah dipanen untuk konsumsi pribadi.

Cerita selengkapnya bisa klik di halaman ini:

2. Manisnya Bisnis Dessert Box Kekinian Beromzet Puluhan Juta

Mati satu tumbuh seribu, itu lah yang dirasakan oleh Sri Mulyanti, warga Jakarta Barat, saat pandemi virus Corona (COVID-19) melanda. Bisnis butiknya di salah satu bilangan Thamrin, Jakarta Pusat, harus tutup karena pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan memilih untuk tidak melanjutkan kontraknya.

Namun dia tidak diam begitu saja. Banyaknya waktu luang di rumah digunakannya untuk membuat kue. Sambil iseng posting di media sosial, ternyata banyak yang tertarik hingga akhirnya menjadi ladang bisnis sejak Maret 2020 sampai saat ini yang diberi nama @dessert.babes.

"Saya memutuskan untuk nggak kontrak lagi karena sayang saya bayar puluhan juta tapi nggak beroperasi, akhirnya saya ambil barang-barang semuanya. Mulanya saya jual online sisanya tapi kan orang nggak butuh banyak pakaian saat ini ya udah akhirnya kita masak-masak di rumah, sering kita posting akhirnya banyak yang mau," kata dia kepada detikcom, Selasa (18/8/2020).

Cerita selengkapnya bisa klik di halaman ini:

3. Mantan Mekanik Sukses Jadi Tukang Cukur Beken Gegara Corona

Agus Mustofa adalah salah satu sosok wirausahawan kecil yang berhasil bertahan dari hantaman pandemi virus Corona (COVID-19). Bukan hanya bertahan, pemuda ini bahkan bisa mendulang rezeki di tengah wabah COVID-19.

Saat wabah ini masuk ke Indonesia dan mulai diterapkannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), semua usaha mikro harus gigit jari, terlebih bagi tukang cukur. Tapi Agus justru panen pelanggan dengan membuka jasa cukur online.

Usaha Agus yang diberi nama Mustofa Barber House mulai berdiri sejak 2018. Saat itu Agus kena program pensiun dini dari tempat dia bekerja. Agus sendiri bekerja sebagai mekanik.

Cerita selengkapnya bisa klik di halaman ini:

4. Naik Ojol di Tengah Pandemi Berbuah Bisnis Penutup Kepala

Pernah merasa risih atau merasa tidak enak saat menggunakan ojek online (ojol)? Biasanya ada rasa khawatir karena helm sudah digunakan berkali-kali oleh orang lain.
Adalah Maria Davis Christine dan Sarah Putri Rahmawati yang terinspirasi membuat ojol cover dari kekhawatiran teman-temannya ketika naik ojek.

"Jadi ide ojol cover ini awalnya dari curhatan teman-teman kita yang nggak bisa lagi kerja dari rumah dan harus ke kantor. Awalnya mereka naik taksi online, tapi boros lalu akhirnya naik ojol supaya hemat dan helmnya mereka khawatir karena bekas orang lain," kata Maria saat berbincang dengan detikcom, Sabtu (8/8/2020).

Cerita selengkapnya bisa klik di halaman ini:

5. Ada Peluang Ternak Lele di Tengah Wabah Corona

Penyebaran COVID-19 di Indonesia telah mengganggu roda perekonomian. Bahkan, sejumlah perusahaan telah merumahkan para pegawai untuk menekan biaya operasional. Tapi jangan khawatir detikers, selalu ada peluang di setiap tantangan yang ada, misalnya ternak lele.

CEO Simbiofish Donny Pasaribu menjelaskan saat ini beternak lele bisa jadi salah satu pilihan para pegawai yang sedang work from home atau dirumahkan. Karena lele bisa memberikan penghasilan jika ditekuni dengan serius.

Melalui aplikasi Simbiofish yang bisa diunduh di Google Playstore, Donny mengatakan semua orang bisa menjadi peternak lele. "Simbiofish itu untuk membantu masyarakat urban yang misalnya pengangguran agar bisa ternak dan supaya ada pekerjaan dan mengatasi perbaikan gizi," kata Donny saat dihubungi detikcom, Kamis (23/4/2020).

Cerita selengkapnya bisa klik di halaman ini:



Simak Video "Pemerintah Beri Rp 11,5 T di 7 BPD untuk Pemulihan Ekonomi Daerah"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)