Saatnya Jadi Bos

Satpam Banting Setir Jual Bibit Sayuran Modal Rp 500 Ribu, Mau Coba?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 15 Jan 2021 16:38 WIB
Satpam Banting Setir Jual Bibit Sayuran Modal Rp 500 Ribu, Mau Ikutan?
Foto: Dok. Pribadi
Jakarta -

Keputusan Tulus Tri Budiantoro, warga Bantul, Yogyakarta untuk memilih sebagai penyedia bibit pertanian memang patut diacungi jempol. Bagaimana tidak, ia berani melepas pekerjaan yang telah ia jalankan selama 7 tahun dari 2009 hingga 2016.

Saat itu ia terhitung memiliki posisi yang lumayan yakni sebagai kepala logistik di sebuah pusat pendidikan untuk satpam atau security. Tulus bercerita, dirinya mulai berkecimpung di penyedia bibit sayuran sekitar akhir tahun 2014 atau awal 2015, sebelum keluar dari tempat kerjanya.

Ketertarikannya pada sayuran karena melihat produk pangan ini permintaannya tak habis-habis. Maka dari itu, ia mulai menggeluti bidang tersebut.

Saat mulai masuk ke benih sayur, ia mulai banyak bertemu dengan kelompok tani, kios-kios penjual bibit dan lainnya. Sambil belajar, ia pun mulai mempraktikkan dan lama-lama mendapat konsumen.

Menyadari tak sanggup menjalankan dua pekerjaan sekaligus, ia memutuskan untuk serius terjun sebagai penyedia bibit sayuran di tahun 2016 dengan nama usahanya Benih Mulya.

"Saya sambil kerja, makin lama ada yang beli, makin banyak kalau saya dua kali, dua kerjaan ribet, saya harus pilih salah satu, wiraswasta atau ikut orang, saya putuskan wiraswasta. Ternyata kalau sudah terjun wiraswasta enak, bebas, mau pergi ke mana bebas," katanya kepada detikcom, Kamis (14/1/2021) kemarin.

Kisah Tulus untuk membangun bisnisnya ini cukup menginspirasi. Sebab, ia membangun bisnisnya dengan modal tak sampai Rp 500 ribu.

Modal itu sebagian besar ia gunakan untuk membeli plastik untuk pelindung atau atap. Ia tak begitu mengingat berapa harganya, namun ia menyebut sekitar Rp 200 ribu.

Satpam Banting Setir Jual Bibit Sayuran Modal Rp 500 Ribu, Mau Ikutan?Satpam Banting Setir Jual Bibit Sayuran Modal Rp 500 Ribu, Mau Ikutan? Foto: Dok. Pribadi

Sisanya, ia gunakan untuk membeli bibit tanaman yang harganya variatif. Ada yang harganya Rp 25 ribu, Rp 35 ribu, Rp 50 ribu, hingga Rp 100 ribu per pak. Per paknya memiliki berat 10 gram atau sekitar 2.000 biji.

Berlanjut ke halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2