Saatnya Jadi Bos

Ada Mainan Anak Nganggur? Kalau Disewain Bisa Dapat Puluhan Juta Lho

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 05 Feb 2021 15:24 WIB
Punya Mainan Anak Tak Terpakai? Bisa Jadi Peluang Bisnis Lho
Foto: Dok. Patta

Tarif sewanya pun bervariasi, ada yang paling murah sekitar Rp 50 ribu per bulan untuk kolam renang anak. Ada juga yang paling mahal seperti baby plus dengan tarif Rp 312 ribu per bulan, di mana produk ini harga belinya bisa mencapai Rp 3 jutaan.

"1 bulan Rp 312 ribu baby plus, cuma kan biasanya sewa baby plus langsung 5 bulan karena disaranin dari 4 bulan sampai lahiran. Cuma ada juga start udah telat 7 bulan, tapi rata-rata nyewanya nggak ada 1 bulan nggak ada, langsung 5 bulan, kalau 5 bulan Rp 1,192 juta," terangnya.

Diakuinya, modal untuk bisnis tersebut tak sedikit. Ia mengaku merogoh kocek hingga triple digit alias sampai seratusan juta. Menyadari kebutuhannya besar, maka dari itu sejak awal bisnis ini berbagi modal dengan Rani.

Selain itu, mereka juga berbagi tugas di mana Winey fokus pada pemasaran dan konten. Sementara, Rani fokus pada IT hingga pembukuan keuangan.

"3 digit sih (modalnya), Rp 100 juta lebih, karena barang-barangnya ini kan yang disewain barang-barang satu biji jutaan dan aku banyak kategorinya, banyak macamnya, modal barangnya tinggi, belum juga mobilnya, bangun website kita, karena aku dari awal launching punya website," ujarnya.

Lebih lanjut, dia menuturkan, bisnis ini punya pasar yang menarik. Sebab, banyak orang yang kemudian mempunyai anak. Apalagi, pandemi membuat orang berpikir dua kali untuk membeli barang baru. Sejalan dengan itu, pandangan orang terhadap sewa barang juga semakin lama bukanlah sesuatu yang aneh. Justru, sewa lebih menguntungkan dari pada membeli barang baru yang harganya mahal.

Ia mengaku, setahun operasi telah membukukan omzet yang juga triple digit. Meski belum balik modal, ia mengaku omzet per bulannya bisa mencapai Rp 20 juta.

"Rp 20 juta sih nyampe," katanya.

Punya Mainan Anak Tak Terpakai? Bisa Jadi Peluang Bisnis LhoPunya Mainan Anak Tak Terpakai? Bisa Jadi Peluang Bisnis Lho Foto: Dok. Patta

Sejumlah produk atau perlengkapan yang disewakan Patta bisa dilihat di Instagram @patta_id atau di website patta.id. Saat ini, ia hanya melayani sewa di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Pengguna pun tak perlu khawatir akan kebersihan peralatan anak-anak tersebut. Winie menambahkan barang yang ia sewakan telah disterilisasi dan dikemas dengan baik.

"Setiap barang pasti wrapping nggak kebuka, aku sterilin dulu, aku sinari UV juga, aku desinfektan, apalagi pandemi lebih ketat lagi," tutupnya.


(acd/ara)