Saatnya Jadi Bos

Ssst...Booming Tanaman Hias, Bisnis Ini Udah Pasti Kecipratan Untung!

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 12 Feb 2021 20:15 WIB
Pot unik
Foto: Dok Istimewa
Jakarta -

Banyak orang yang mulai menggeluti hobi mengoleksi tanaman hias selama pandemi virus Corona (COVID-19). Berangkat dari situ, tak sedikit pula yang mencari peruntungan dengan menjual tanaman hias.

Di tengah booming tanaman hias, penjual pot pun ikut ketiban durian runtuh. Seperti pengalaman yang diceritakan oleh Adji Anastasya, Owner @pot.tera.

Semua bermula dari ketertarikannya terhadap tanaman hias. Kala itu dia merasa tak lengkap bila tanaman yang dimilikinya hanya diletakkan di pot berbentuk standar.

"Kalau mau taruh tanaman di dalam kamar kan potnya yang lucu-lucu kan, maksudnya nggak mau yang standar lah, kayak model bulat itu kan boring aja," kata dia saat berbincang dengan detikcom baru-baru ini.

Kemudian dia menjelajahi e-commerce untuk mencari pot dengan model atau bentuk menarik. Tapi dia tak menemukan yang sesuai keinginannya.

Sampailah akhirnya dia mencari langsung ke pengrajin. Dia kebetulan kenal dengan pengrajin di daerah.

"Saya tanya bisa nggak kalau bikin bentuk, ternyata bisa, memang mereka lagi produksi yang karakter juga. Awalnya itu emang buat konsumsi pribadi aja, buat saya aja gitu kan," sebutnya.

Seiring waktu berjalan, dia mendapat peluang untuk bekerja sama dengan pengrajin kenalannya itu untuk bisnis pot. Kesempatan tersebut tentu tak dia sia-siakan. Sebab, saat itu pecinta tanaman hias lagi ramai-ramainya.

Modal yang dia kucurkan untuk memulai bisnis itu pun sangat minim, hanya Rp 2 jutaan. Uang tersebut dia sisihkan dari tabungannya sebagai ibu rumah tangga.

"Awal-awal saya masih jual foto kan, tes pasar, test the water aja. Tapi ternyata banyak yang minat," ungkapnya.

Harga pot yang dia jual pun tak mahal, berkisar di Rp 30 ribu sampai Rp 150 ribu. Ketika permintaan sedang tinggi, per bulan dia bisa menjual sampai 80 pot.

Lantaran memulai jualan pot di momen yang tepat, tak butuh waktu lama baginya untuk balik modal, yaitu hanya 1 bulan. Omzetnya pun bisa tembus Rp 12 juta ketika sedang ramai-ramainya.

"Omzet ya Rp 10 sampai Rp 12 juta, tapi itu omzet ya, kita belum ngitung modal dan lain-lain," sebutnya.

Saat ini dirinya juga mulai menjajal produk rotan sebagai wadah pot beserta tanamannya. Hal itu untuk berjaga-jaga jika bisnis pot mulai redup. Produk-produknya itu dijual di akun Instagram @pot.tera.

Apakah kamu tertarik untuk membelinya? atau ingin ikut mencoba bisnis tersebut?

(toy/zlf)