Liputan Khusus

Mantan HRD Ini Punya Omzet Jutaan dari 'Sulap' Mobil Mini

Hendra Kusuma - detikFinance
Minggu, 21 Feb 2021 22:44 WIB
Modifikasi Diecast
Foto: Modifikasi Diecast (Istimewa/Iwan Rahadi)
Jakarta -

Diecast saat ini banyak digemari oleh banyak masyarakat. Meski hanya versi mini dari kendaraan biasa, namun harganya bisa fantastis usai disulap atau dimodifikasi oleh para customizer.

Harga miniatur mobil ini bisa tembus Rp 1 jutaan dari yang awalnya hanya sekitar puluhan ribu sampai ratusan ribu rupiah. Jasa modifikasi mobil mini sekarang ini menjadi peluang usaha yang menjanjikan.

Hal itu sudah dibuktikan oleh Iwan Rahadi, pria yang saat ini berdomisili di Bangka berhasil sulap mobil mini berskala 1:64 menjadi pundi-pundi keuntungan.

Awalnya, Iwan mendapat informasi dari seorang temannya jika jasa modifikasi miniatur mobil dapat menghasilkan uang yang cukup besar. Tepat pada tahun 2018, dia mulai menjalankan usaha ini.

Sebelumnya, dirinya hanya seorang pegawai HRD di salah satu perusahaan swasta di ibu kota dan memutuskan resign pada tahun 2016. Setelah resign, dirinya pun sempat berkecimpung di skena taksi online.

"Saat berkecimpung di dunia taksi online, bertemu dengan teman lama saat di komunitas motor, karena dia tahu saya suka mobil mini, dia bilang coba custom mobil mini, dia bilang bisa jadi penghasilan," kata Iwan kepada detikcom, Minggu (21/2/2021).

Modifikasi DiecastModifikasi Diecast Foto: Modifikasi Diecast (Istimewa/Iwan Rahadi)

Berbekal informasi temannya, dirinya pun langsung memperaktikannya. Mainan mobil mini milik anaknya pun menjadi korban. Setelah berhasil 'didandani', dirinya pun langsung memposting hasil karyanya di Instagram pribadinya.

Bak gayung bersambut, teman semasa sekolahnya pun langsung tertarik untuk memakai jasanya. Pada saat itu, dirinya menerima penghasilan sekitar Rp 600 ribu. Angka tersebut terbilang besar mengingat modal yang dikeluarkan tidak seberapa.

Awal menjalani bisnis ini, dia hanya mengeluarkan uang untuk membeli cat atau pilox, lem tembak, dan beberapa peralatan pendukung custom miniatur mobil ini.

"Akhirnya saya coba dan akhirnya terjual, dan akhirnya saya coba lagi sampai sekarang," ujarnya.

Dia pun tidak menyangka jika hasil modifikasinya pun langsung digemari orang-orang luar negeri, khususnya dari Amerika Serikat (AS). Menurut dia, setelah beberapa bulan menjalankan usaha ini hasil karyanya langsung dibeli oleh orang negeri Paman Sam.

Bersambung ke halaman selanjutnya.