Saatnya Jadi Bos

Intip Empuknya Bisnis Mebel Kekinian, Omzetnya Bisa Rp 500 Juta

Anisa Indraini - detikFinance
Selasa, 23 Feb 2021 15:49 WIB
Peluang Bisnis Mebel Kekinian, Omzetnya Bisa Capai Rp 500 Juta/Bulan
Foto: Dok. antikmebel

Dalam menjalankan bisnis mebel ini bukan berarti berjalan mulus-mulus saja. Rizky menyebut kendala yang sering dihadapi yakni mengejar kecepatan pembuatan mebel sesuai keinginan pelanggan. Saking banyaknya pesanan yang masuk, pihaknya kerap kali keteteran menyelesaikan pesanan dalam waktu dua minggu sesuai yang dijanjikan karena kemampuannya hanya bisa memproduksi 50 per mebel dalam sehari.

"Kan sebenarnya kita prosesnya PO ya bukan barang ready stok, jadi pembuatannya kadang dari sisi orderan yang masuk nggak secepat banyaknya order. Kalau orderan sudah penuh kita tanya ke customer-nya mau nggak misalnya nunggu sampai satu bulan, karena sebenarnya target kita dua minggu pengerjaannya maksimal," tuturnya.

Hal itu dikarenakan terbatasnya pegawai yang bertugas membuat mebel. Dari 20 pegawai yang ada, hanya beberapa saja yang tugasnya memproduksi dan berasal dari orang kepercayaannya sejak awal.

"Misalkan orderan hari ini lebih dari 50, tapi tukang kita kan terbatas jadi kendalanya itu sih karena kalau kita cari tukang baru kadang-kadang kualitasnya juga harus ngajarin dulu, kadang nggak sama. Tukang-tukang yang kerja sama aku ini sudah dari 2014 jadi nggak pernah ganti, jadi jaga kualitas banget kita," katanya.

Maklum saja jika bapak dua anak itu keteteran karena bisnis mebelnya memiliki pasar yang luas, terbukti telah menjangkau pengiriman seluruh Indonesia. Tak hanya itu, barang yang diproduksi juga berhasil ekspor hingga ke Afrika Selatan.

"Kalau di seluruh Indonesia kayaknya sih kita udah pernah kirim. Terus juga di beberapa (negara) kayak Singapura, Malaysia juga, terus Afrika Selatan pernah di suatu hotel di sana, terus ke Vietnam atau Thailand gitu juga pernah," bebernya.

Peluang Bisnis Mebel Kekinian, Omzetnya Bisa Capai Rp 500 Juta/BulanFoto: Dok. antikmebel

Harga produk yang dijual pun beragam mulai dari Rp 2,5 juta untuk kursi bertangan buat satu orang atau armchair, Rp 3,5 juta untuk sofa satu orang atau wing chair, Rp 5-9 juta untuk sofa bed yang muat 2-4 orang, hingga paling mahal sofa L dengan harga Rp 12 juta.

Buat yang tertarik ingin memiliki mebel kekinian di rumah langsung saja datang ke lokasi Antik Mebel yang terletak di Jagakarsa dan menyusul di Bintaro. Untuk lebih lengkapnya bisa cek di marketplace, website antikmebel.com dan akun Instagram @antikmebel.

Halaman

(aid/ara)