Saatnya Jadi Bos

Eboni Watch, Jam Tangan Kayu yang 'Terbang' ke Afrika Selatan

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 12 Mei 2021 09:00 WIB
Eboni Watch, Jam Tangan Kayu Asal Klaten yang Terbang Sampai Afrika Selatan
Foto: Dok. Eboni Watch

Kemudian seluruh jam tangan Eboni Watch ini sudah water resistant. Lalu Eboni Watch ini juga memaksimalkan customer care yang bisa menerima keluhan dengan cara yang ramah.

"Kita juga nggak cuma jual produk, bisa jadi sahabat bahkan tempat curhat kalau ke admin atau cs. Saya selalu berusaha untuk peduli dengan pelanggan, sampai mereka puas, kalau ada cacat kami upayakan untuk mengganti segera," jelas dia.

Nama Eboni dipilih Afidha karena dia terinspirasi dari kayu Eboni yang berasal dari Makassar. Kayu berwarna hitam itu biasanya digunakan untuk gitar-gitar mahal dan kayu ini juga salah satu yang paling keras di dunia.

Awalnya jam tangan kayu menggunakan kayu eboni dan harapannya menjadi merek yang kuat, kokoh dan eksotik. Meskipun terbatas tapi tetap dicari orang banyak.

Tapi pada 2015 ada pengumuman jika pohon eboni terancam punah dan tak bisa lagi digunakan apalagi untuk ekspor. Sekarang, Eboni Watch menggunakan kayu sonokeling dan maple yang kualitasnya di atas furnitur dan tingkat kekerasannya paling tinggi.

Afidha menjelaskan dalam memproduksi jam tangan kayu ini, dia tidak menggunakan kayu gelondongan. Tapi menggunakan sisa-sisa kayu yang tak bisa lagi digunakan untuk barang yang besar. "Kita pakai sisa gitu ya, yang potongannya nanggung, karena kalau gitar kan harus besar, nah ada sisanya itu kita pakai," jelas dia.

Afidha membagikan tips untuk anak-anak muda yang ingin memulai usaha. Pertama harus menyiapkan mental pengusaha dan jangan selalu memikirkan keuntungan di awal.

Seharusnya yang dipikirkan adalah bagaimana usaha bisa berkesinambungan dan stabil dalam waktu lama. "Hal ini kan terlihat dari usaha sekarang yang besar-besar tidak naik dalam waktu cepat, pasti ada prosesnya. Karena itu sustain dulu baru bisa rasakan keuntungan," jelas dia.

Kemudian juga harus siap merasakan kegagalan. Menurut dia, kegagalan itu adalah hal yang pasti akan dilalui oleh setiap orang. Tinggal bagaimana cara menghadapi dan cepat untuk bangkit dan menjalankan usaha berikutnya.

Sekarang basis produksi Eboni Watch berada di Klaten, Jawa Tengah. Jika ingin memesan bisa cek di seluruh platform marketplace sampai Instagram.


(kil/ara)