Kisah Reseller Raup Ratusan Juta dari Produk Makanan Beku

Danang Sugianto - detikFinance
Sabtu, 04 Sep 2021 21:31 WIB
Kisah bisnis reseller makanan beku
Foto: Dok. Hoki Foods

Astri pun berbagi tips sukses meski hanya menjadi seorang reseller. Pertama, terus perbanyak varian produk yang dijual. Tujuannya agar pembeli tidak bosan. Satu keuntungan menjadi reseller adalah bisa menjual berbagai produk dari berbagai merek.Kedua pilih produk-produk yang lagi booming. "Misalnya saat drakor lagi booming, itu kita masukin makanan-makanan Korea. Jadi kita harus melihat peluang yang ada, harus ngikutin tren," terangnya.

Astri sendiri mengaku mengambil margin keuntungan dari barang jualanya sekitar 10-20%. Dia sengaja tidak mengambil keuntungan besar karena mengincar kuantitas dari penjualannya. Meskipun beberapa pemilik produk membebaskan dia untuk menetapkan harga jual.

Strateginya pun terbukti berhasil, pundi-pundi keuntungan mengalir deras ke dompetnya. Pandemi COVID-19 juga menjadi pupuk yang ampuh buat bisnisnya. Ketika semua orang tak bisa bepergian, produk frozen foods laris.

Penjualan Hoki Foods di awal pandemi naik sekitar 100-150%. Meskipun saat pelonggaran terjadi sempat turun, tapi tetap penjualannya lebih tinggi dari sebelum COVID-19 menyerang Indonesia.

"Jadi awal pandemi itu naik signifikan karena orang pada takut. Terus pas dilonggarkan turun, tapi pas PPKM diperketat lagi, ya naik lagi. Per hari bisa 200-300 pack terjual," terangnya.


(das/hns)