Saatnya Jadi Bos

Mantan PNS Buka Bisnis Cuci Mobil Bareng Suami, Omzetnya Seperti Mimpi

Anisa Indraini - detikFinance
Selasa, 21 Sep 2021 10:35 WIB
Cak Kreebo cuci mobil
Foto: Dok. Cak Kreebo

Jika ditarik ke belakang, saat itu modal awalnya untuk buka bisnis cuci mobil dan kedai kopi mencapai Rp 160 juta. Uang itu berasal dari penjualan aset bisnis sebelumnya yang bergerak di sektor jual beli mobil.

"Saya menjual aset, jadi waktu itu kan saya di Banjarmasin jual beli mobil, nah itu kan joinan dengan teman, akhirnya berkembang, lumayan ada uang yang terkumpul ya itu saya jual untuk buka cuci mobil. Saat ini sudah fokus di Cak Kreebo, jadi jual beli mobil itu sudah setop sejak 2016," jelasnya.

Rendro menyarankan agar jangan takut untuk berbisnis jika sudah memiliki konsep matang. Bagi yang tertarik bisnis seperti Cak Kreebo ini, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah lokasi harus strategis.

"Jadi opsinya mungkin harus dekat dengan banyak perumahan atau dekat dengan perkantoran yang kepadatan penduduknya atau aktivitas warganya itu lumayan ramai. Alhamdulillah Cak Kreebo dekat dengan rumah sakit, masjid Agung, perumahan, pom bensin juga," imbuhnya.

Meski begitu, bukan berarti bisnis yang dijalankan Rendro mulus-mulus saja. Dia mengaku tantangannya dalam berbisnis adalah membina sumber daya manusia (SDM) yang banyak dan rata-rata pekerjanya adalah lulusan SMA. Kini keseluruhan karyawannya mencapai 17 orang.

"Kendala lain hampir sama lah mungkin dengan usaha lain, hanya butuh marketing. Saya pikir kendala itu pasti akan bisa lewat kalau owner usaha itu bisa tangguh, maksudnya memikirkan solusi dari setiap masalah InsyaAllah bisa diatasi," tuturnya.

Cak Kreebo cuci mobilFoto: Dok. Cak Kreebo

Sekadar informasi, Cak Kreebo juga melayani cuci motor dengan harga Rp 10 ribu, cuci mobil Rp 35 ribu, salon mobil mulai dari Rp 300 ribu sampai Rp 700 ribu, hingga yang tertinggi jasa nano coating mobil mulai dari Rp 1,5 juta.

Untuk kedai kopinya menawarkan menu makanan dan minuman yang masih terjangkau seperti coffee latte Rp 13 ribu, chicken steak Rp 18 ribu, hingga mie goreng Rp 15 ribu. Warga Blitar dan sekitarnya yang penasaran, langsung saja datang ke Jl. P. Sudirman, Kelurahan Beru, Kecamatan Wlingi untuk merasakan pelayanannya yang buka dari pukul 07.00-22.00 WIB.

Cak Kreebo cuci mobilMantan PNS Buka Bisnis Cuci Mobil Bareng Suami, Omzetnya Seperti Mimpi Foto: Dok. Cak Kreebo


Simak Video "Memiliki Paras Cantik, Wanita ini Berkeliling Kantor Menjajakan Aksesoris, Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]

(aid/ang)