Ibu-ibu Ini 'Sulap' Bawang Hitam Jadi Tepung hingga Sambal

ADVERTISEMENT

Ibu-ibu Ini 'Sulap' Bawang Hitam Jadi Tepung hingga Sambal

Yudistira Perdana Imandiar - detikFinance
Kamis, 24 Mar 2022 06:47 WIB
N’Up Product
Foto: N'Up Product
Jakarta -

Pernahkah Anda membayangkan bagaimana rupa tepung yang terbuat dari bawang hitam? Jika belum, ada baiknya melihat hasil olahan tangan para ibu di Kabupaten, Malang, Jawa Timur, ini.

Neneng Apriani adalah penggeraknya. Dari tangannya, meluncur berbagai produk berbahan dasar bawang hitam (black garlic) dengan label N'Up Product.

Tak hanya tepung, bawang hitam juga disulap menjadi roti, aneka kue kering, hingga sambal. Awalnya, hal ini dilakukan Neneng sejak 2017. Kemudian, ia berpikir untuk menggerakkan para ibu berproses dan mengolah bawang hitam bersama.

Olahan dari bawang hitam dipilih karena kandungan manfaatnya bagi kesehatan. Neneng ingin lebih mempopulerkan bawang hitam melalui berbagai produknya sehingga lebih mudah dikonsumsi.

Modal Rp 10 Juta, Omzet Rp 17 Juta Per Bulan

Neneng mengisahkan awalnya pada 2017 usaha olahan bawang hitam ini dirintisnya dengan modal Rp 10 juta. Dalam perjalanannya, ia melibatkan para ibu di lingkungan rumahnya dalam bisnis ini. Tujuannya, agar para ibu ini juga bisa lebih produktif dan menghasilkan secara ekonomi. Hasilnya tak main-main, kini N'Up Product telah beromzet Rp 17 juta per bulan.

Menurut Neneng, usaha yang dijalankan para ibu di lingkungannya ini tak hanya produksi olahan bawang hitam, tetapi juga minuman sari buah markisa. Neneng juga membantu dari sisi pemasaran produk.

Tak puas sampai di situ, Neneng terus mengembangkan diri dan usahanya dengan menjalin koneksi yang lebih luas. Salah satunya, bergabung dengan Sampoerna Entrepreneurship Training Center (SETC) pada 2018. Di SETC, para pelaku usaha kecil, mikro, dan menengah (UMKM) mendapatkan berbagai pelatihan terkait pengembangan bisnis.

Neneng mengaku tertarik bergabung dengan SETC karena ingin mendapatkan pendampingan dan pelatihan berkelanjutan. Selain itu, ia memiliki kesempatan untuk berpartisipasi di berbagai acara pameran.

N'Up ProductN'Up Product Foto: N'Up Product

Klik halaman selanjutnya >>>

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT