Harapan Besar Candra di Balik 'Lilien Kecil'

Jihaan Khoirunnisa - detikFinance
Rabu, 23 Mar 2022 15:54 WIB
Lilien Kecil
Foto: Lilien Kecil
Jakarta -

Motivasi membangun usaha tak hanya semata-mata karena motif ekonomi. Trisakti Candradewi membuktikannya. Ia membangun usaha Lilien Kecil dengan sebuah harapan besar, yaitu berbagi ilmu, membantu sesama, dan memberdayakan lingkungan sekitarnya.

Lantas apa saja yang dilakukan Candra bersama 'Lilien Kecil'-nya?

Diketahui, Lilien Kecil adalah brand usaha yang dirintis Candra dengan berfokus pada produk kerajinan sulam pita. Dengan kemampuannya menghasilkan kerajinan tangan, Candra berbagi ilmu kepada para tetangganya. Ia memberikan pelatihan, seperti pelatihan menjahit, menyulam, menanam, maupun pemanfaatan barang bekas hingga menjadi produk yang bernilai jual tinggi.

Ia berharap dengan ilmu yang dibagikannya masyarakat di lingkungan sekitarnya bisa lebih berdaya dari sisi ekonomi.

Pernah Gagal dan Membangun Lilien Kecil dengan Modal Rp 2 Juta

Lilien Kecil bukan usaha pertama yang dirintis Candra. Sebelumnya, ia pernah gagal saat membangun usaha di bidang kuliner. Meski demikian, ia tak terpuruk.

Dengan modal Rp 2 juta yang dikumpulkan dari bekerja di sebuah pabrik, Candra bangkit dan kembali mendirikan usaha produk kerajinan sulam pita Lilien Kecil. Produknya terdiri dari mukena, jilbab, taplak meja, hiasan dinding, baju wanita, dan souvenir dengan sulam pita dan benang yang menjadi ciri khasnya.

Berbekal modal yang dimiliki, Candra membeli berbagai bahan sulam, dan mempekerjakan orang-orang di sekitarnya.

"Terlalu memaksakan memang, di saat usaha masih awal berdiri dengan modal yang tidak seberapa, saya justru berani mempekerjakan orang lain," kata Candra dalam keterangan tertulis.

Akan tetapi, dia yakin dengan niat baik membantu perekonomian masyarakat sekitar, apa yang dijalaninya akan berbuah manis. Niat baik akan membawa hasil baik, inilah yang selalu diyakini Candra. Terbukti, perekonomian ibu rumah tangga di sekitar kediaman Candra ikut terbantu. "Ada harapan besar di balik Lilien Kecil," ujar dia.

Klik halaman selanjutnya: Peran SETC >>>