Cerita Rif'an, Gandeng Keluarga Nelayan Manfaatkan Limbah Bahari

Jihaan Khoirunnisaa - detikFinance
Selasa, 29 Mar 2022 21:15 WIB
Kerajinan kulit kerang
Foto: Arshi Bahari

Menurut dia, program-program yang diadakan SETC berdampak positif bagi usahanya dan memberikan pengaruh positif bagi perekonomian keluarga. Selain itu juga mendorongnya untuk terus melakukan inovasi bisnis, termasuk bekal adaptasi dan bangkit dari pandemi melalui bisnis online.

Beberapa program yang diikuti Rif'an yaitu Ada dan Andalan, Budidaya Tanaman Obat Keluarga (TOGA), webinar New Normal, dan Festival Sampoerna untuk UMKM. Rif'an juga membagikan ilmu dan wawasan yang didapatkannya dari SETC kepada warga sekitar, khususnya istri nelayan.

Sebagai informasi, Sampoerna Entrepreneurship Training Center (SETC) merupakan perwujudan tanggung jawab sosial PT HM Sampoerna Tbk., di bawah payung program Sampoerna untuk Indonesia.

Melalui SETC, Sampoerna mendukung upaya pemerintah mengakselerasi pertumbuhan ekonomi terhadap pemberdayaan dan pembangunan kapabilitas Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia.

Pembinaan UMKM SETC dilakukan melalui pelatihan kewirausahaan terpadu yang meliputi hard skill maupun soft skill di bidang budidaya pertanian, peternakan, dan keterampilan lainnya. Selain pelatihan, SETC juga memfasilitasi riset terapan, pendampingan dan jejaring pasar, konsultasi usaha, serta jejaring UMKM.

SETC yang diresmikan pada Maret 2007 tersebut dilengkapi fasilitas untuk mendukung pengembangan kewirausahaan antara lain ruang pelatihan dan pertemuan, laboratorium kultur jaringan, area untuk ternak, perikanan dan penelitian, serta penginapan.

Pada Maret 2022, SETC telah memasuki usianya yang ke-15 tahun. Selama kurun waktu tersebut, SETC telah menjangkau pelaku UMKM di lebih dari 100 kota/kabupaten di seluruh Indonesia dan memberi pelatihan kewirausahaan bagi lebih dari 56.000 peserta.


(fhs/ega)