Saatnya Jadi Bos

Daun Jati Kering 'Disulap' Jadi Lukisan, Omzetnya Bikin Senyum-senyum

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Jumat, 01 Apr 2022 07:30 WIB
Daun Jati Kering ‘Disulap’ Jadi Lukisan, Omzetnya Bikin Senyum-senyum
Foto: Dok. Pribadi

Tips Untuk Mengembangkan Bisnis Seni

Aji pun sempat memberikan tips bagi para pelaku seni, yang ingin mengembangkan bisnis seninya melalui hasil karya-karya yang ada.

"Kalau khusus untuk bidang seni seperti ini, ya kita sebagai pelaku seni yang merambah dunia bisnis seperti fashion, merchandise, craft, dan lain-lain mesti memperhatikan tren yg ada di masyarakat" jelas Aji.

Ia melihat, tren bisnis seni juga berkembang sejalan dengan kehidupan masyarakat dan media sosial.

"Bisa dilihat secara langsung dalam kehidupan masyarakat, maupun melalui media sosial. Dari pengamatan itu kita harus bisa berinovasi dan berimprovisasi mengikuti tren ada, sehingga bisa memberi "warna baru" dari tren yg ada," tuturnya.

Salah satu untuk cara agar usaha seni kita bisa terus berkembang juga adalah melakukan promosi, dan masuk dalam dunia digital.

"Marketing di era digital kaya marketplace, medsos, NFT dan lain-lain itu juga harus dipelajari dan diikuti para pelaku usaha bisnis seni dengan baik. Agar produk yang dihasilkan bisa semakin banyak dikenal dan dimiliki masyarakat luas," tutupnya.

Hingga saat ini, Aji lewat GLCnya akan terus mengembangkan kemampuan, supaya bisa menciptakan jenis karya seni yang berkualitas, baik dari detail produk maupun kemasan.


(ara/ara)