ADVERTISEMENT

Saatnya Jadi Bos

Bisnis Cuma Koloran Dapat Miliaran, Ini Cara Win Raup Cuan dari Tegel

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 17 Agu 2022 10:00 WIB
Setiap Hari Cuma Koloran, Pria Ini Jual Tegel Beromzet Miliaran
Bisnis Cuma Koloran Dapat Miliaran, Ini Cara Win Raup Cuan dari Tegel/Foto: Dok. Pribadi
Jakarta -

Ubin jadul atau tegel semakin digandrungi masyarakat. Ini menjadi peluang usaha untuk Winarno yang sudah menekuni bisnis tegel sejak 10 tahun lalu.

Win pernah bekerja di perusahaan jasa pengecatan dan di toko bahan bangunan, sehingga dia paham betul soal cat dan pengaplikasiannya di berbagai media.

Pada 2006, dia sempat menjadi relawan gempa Bantul, Yogyakarta. Dari sanalah Win mengenal banyak mitra mulai dari dokter, tukang batu, dan tukang cat.

Memang, sebelum membuka usaha tegel. Win membuka jasa interior kitchen lebih dulu. Dari sinilah banyak pelanggannya yang menanyakan soal tegel klasik.

"Karena banyak yang tanya, saya jadi mau coba dulu. Sampai ada teman saya punya mesin cetak tegel warisan orang tuanya. Waktu itu dia nggak bisa menjalankan, jadi saya sampaikan kalau saya mau beli. Tapi dia bilang jangan dibeli, saya bisa pakai saja," kata dia saat berbincang dengan detikcom akhir pekan lalu, ditulis Rabu (17/8/2022).

Banyak teman-temannya mulai dari arsitek sampai pemborong mulai menanyakan tegel dan akhirnya bisa dia sediakan. Kini, tegel Win digemari oleh berbagai kalangan mulai dari masyarakat biasa, menteri, mantan panglima TNI, sampai galeri Mustika Ratu.

Setiap Hari 'Cuma Koloran', Pria Ini Jual Tegel Beromzet MiliaranSetiap Hari 'Cuma Koloran', Pria Ini Jual Tegel Beromzet Miliaran Foto: Dok. Pribadi

Menurut Win dalam menjalankan usaha, pasti ada tantangan dan banyak pesaing yang ada di dunia yang sama. Namun kebanyakan pengusaha tegel menggunakan trik pemasaran jadul alias ketinggalan zaman.

"Setelah saya andalkan media sosial seperti Facebook, Instagram, sampai terakhir TikTok ini luar biasa sekali. Banyak yang bilang ke saya mereka senang mengetahui proses produksi tegel yang mereka beli, sehingga mereka merasa teredukasi," jelas dia.

Win mengungkapkan untuk harga tegel hasil produksinya mulai dari Rp 125 ribu per meter persegi untuk yang polos, kemudian Rp 250 ribu untuk tegel bermotif. Ada juga yang harganya Rp 285 ribu per meter persegi untuk motif yang rumit.

Berlanjut ke halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT