ADVERTISEMENT

Nih! 3 Fitur di Tokopedia yang Bisa Naikkan Omzet UMKM

Sukma Nur Fitriani - detikFinance
Kamis, 18 Agu 2022 16:35 WIB
Aplikasi Tokopedia
Foto: Tokopedia
Jakarta -

Era digital mempermudah para pegiat usaha lokal untuk menciptakan peluang. Salah satunya dengan berjualan melalui e-commerce Tokopedia.

Apalagi di Tokopedia ada 3 fitur yang bisa digunakan para UMKM agar meningkatkan omzet dan memperluas pasar sampai seluruh Indonesia. Apa saja fiturnya?

1. Aktifkan Fitur Bebas Ongkir

'Bebas Ongkir' di Tokopedia adalah salah satu fitur yang memberikan gratis biaya pengiriman untuk pembeli yang menggunakan layanan pengiriman Reguler dan Same Day.

Fitur ini menguntungkan bagi pihak penjual dan pembeli. Karena, pembeli tidak perlu khawatir memikirkan ongkos kirim untuk membeli produk, dan penjual akan senang mendapatkan banyak peluang untuk menarik lebih banyak calon pembeli yang mengunjungi dan berbelanja di tokonya.

2. Manfaatkan Fitur TopAds

TopAds adalah fitur iklan yang membuat produk yang akan dijual jadi lebih mudah dilihat oleh calon pembeli. Fitur ini terdiri dari dua jenis iklan yaitu, Iklan Manual dan Iklan Otomatis. Dengan mengaktifkan TopAds Manual, kredit TopAds akan dipotong setelah laman produk diklik oleh calon pembeli. Sedangkan TopAds Otomatis, penjual cukup mengatur anggaran harian tanpa perlu melakukan pengaturan biaya per iklan.

Pemilik Infarm I Dewa Gede Agung Wiradipta mengatakan setelah mengaktifkan fitur TopAds, usahanya mengalami kenaikan penjualan.

"Setelah menggunakan TopAds, penjualan kami naik 30% lebih. Ke depannya kami akan semakin mengoptimalkan penggunaan TopAds demi terus meningkatkan penjualan," katanya.

Sementara itu, pemilik Gratia Candle Bali Herlina Subagio juga ikut merasakan kemudahan menggunakan TopAds.

"Menurut saya TopAds sangat membantu penjualan. Cara pakainya juga mudah, cukup top up dan sudah bisa mendatangkan pembeli sendiri dengan algoritma yang diaturkan langsung oleh Tokopedia. Selain meningkatkan penjualan, fitur ini pun bisa menaikkan engagement kami dengan pembeli," ucapnya.

3. Aktifkan Layanan Pengiriman Instan

Fitur satu ini menjadi fitur yang sangat diminati oleh pembeli. Sehingga, penjual sangat direkomendasikan untuk mengaktifkan pilihan pengiriman instan. Selain membuat pembeli puas, reputasi penjual pun dapat meningkat karena produk yang sudah terjual tiba di tangan pembeli dalam waktu singkat. Penjual dapat mengaktifkan fitur 'Instant Kurir' dengan menggunakan layanan pengiriman GoSend atau instan kurir lainnya.

Untuk diketahui, lewat inisiatif Hyperlocal, Tokopedia juga menyediakan berbagai materi edukasi bagi para UMKM, lewat Pusat Edukasi Seller. Melalui Pusat Edukasi Seller, diharapkan penjual dapat memaksimalkan penjualan. Para penjual juga dapat mendapatkan informasi lengkap lainnya di akun media sosial @tokopediaseller.

(prf/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT