ADVERTISEMENT

Mengenal Strategi Blue Ocean dalam Bisnis dan Contoh Penerapan

Debora Danisa Kurniasih Perdana Sitanggang - detikFinance
Rabu, 21 Sep 2022 12:28 WIB
Ilustrasi strategi blue ocean.
Foto: Israel Andrade/Unsplash
Jakarta -

Blue ocean merupakan salah satu strategi yang kerap ditemukan dan digunakan dalam dunia bisnis. Secara harfiah, blue ocean artinya samudera biru. Kira-kira apa maksud dari istilah tersebut dalam dunia bisnis?

Nah, kita akan membahas secara lengkap mengenai strategi blue ocean dalam dunia bisnis beserta contoh penerapannya. Simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Blue Ocean

Mengutip repo.iain-tulungagung.ac.id, strategi blue ocean adalah cara atau strategi perusahaan menciptakan pasar yang tidak terbantahkan ruang dan membuat kompetisi menjadi tidak relevan. Strategi ini dinilai mampu mencapai kesuksesan sejati karena ada dalam pasar yang sama sekali baru, dengan basis pelanggan baru dan belum banyak persaingan, atau bahkan belum ada persaingan sama sekali.

Karena pasar yang relatif baru ini, maka kompetisi dalam pasar pun menjadi tidak relevan, permintaan tergolong baru dan belum ada kreasi macam-macam, belum ada aturan permainan baku, dan banyak potensi mendalam yang masih bisa dieksplorasi. Blue ocean dianggap sebagai pasar yang mendalam, kuat, dan tidak terbatas.

Definisi lain juga dapat ditemukan dalam situs economictimes.indiatimes.com. Strategi blue ocean atau strategi samudera biru mengacu pada pasar untuk produk yang belum memiliki persaingan atau persaingannya masih sangat sedikit. Strategi ini biasanya diterapkan dengan mencari peluang usaha yang masih sangat jarang dilakukan oleh perusahaan lain dan tidak ada persaingan harga.

Konsep Strategi Blue Ocean

Untuk memahami lebih jauh tentang blue ocean, kita perlu tahu juga konsep dari strategi blue ocean. Mengutip buku Revolusi Organisasi dengan Memberdayakan Kecerdasan Spiritual oleh M Suyanto, strategi blue ocean menganggap bahwa persaingan adalah dengan menciptakan ruang pasar yang tidak ada lawannya.

Karena pasar yang begitu luas dan hampir tidak terbatas itulah, makanya strategi ini disebut blue ocean atau samudera biru.

Lebih lanjut, M Suyanto juga menjelaskan bahwa strategi blue ocean menggunakan konsep sebagai berikut.

  • Membuat persaingan tidak ada, sehingga perusahaan hanya akan bersaing dengan dirinya sendiri dan hampir bisa dipastikan akan memenangkan persaingan di pasar.
  • Menciptakan dan menangkap permintaan baru yang belum pernah disediakan atau dipenuhi oleh perusahaan mana pun.
  • Meraih keunggulan tanpa harus menciptakan nilai yang membedakannya dengan kompetitor, karena memang kompetitor itu tidak ada.

Contoh Penerapan Strategi Blue Ocean

Berikut beberapa contoh penerapan strategi blue ocean mengutip repo.iain-tulungagung.ac.id.

1. Alat Pemutar Musik untuk Mendukung Industri Musik

Pada awal 2000-an, muncul sebuah produk dari perusahaan teknologi Amerika Serikat yang kini menjadi nomor satu di dunia. Produk tersebut berupa alat pemutar musik yang memiliki playlist terintegrasi dengan library atau daftar lagu yang ada di komputer atau laptop produksi perusahaan tersebut.

Saat itu, belum ada perusahaan teknologi lain yang memiliki produk serupa, sehingga produk alat pemutar musik ini menjadi pioneer. Keberadaannya muncul di saat industri musik masih menggunakan cara lama untuk berpromosi dan menyebarluaskan produk lagu mereka. Nah, alat pemutar musik ini banyak membantu dengan menampung ribuan lagu tanpa menyusahkan pengguna.

2. Ojek Online untuk Mendukung Industri Transportasi

Di Indonesia juga ada contoh penerapan strategi blue ocean. Anda pasti tahu brand yang dulunya dimulai dari layanan ojek online. Dulu belum ada layanan ojek yang bisa diakses secara online hanya melalui ponsel. Brand ini kemudian muncul dan memberi gebrakan di dunia transportasi publik.

Pada awalnya, perusahaan tersebut tidak memiliki banyak pesaing, bahkan tidak ada pesaing dari dalam negeri. Karenanya, perusahaan ini dapat berkembang pesat dan akhirnya merambah berbagai layanan lain seperti taksi online, layanan pesan antar makanan, hingga dompet digital untuk berbagai transaksi.

3. Ponsel Lipat yang Menggebrak Dunia Teknologi Ponsel

Dua tahun terakhir ini, industri ponsel dibuat kagum dengan munculnya produk ponsel lipat dari sebuah brand besar asal Korea Selatan. Meskipun ponsel lipat sudah ada sejak dulu, tapi perusahaan ini berhasil berinovasi dengan menggabungkan teknologi ponsel pintar dengan fitur layar lipat yang belum pernah ada.

Produk ini pun menjadi salah satu pioneer dan dengan cepat merajai pasar ponsel lipat saat ini. Belum banyak brand lain yang mampu menciptakan teknologi serupa sehingga persaingan yang dihadapi perusahaan Korsel tersebut masih terbilang sangat minim.

Itulah penjelasan mengenai strategi blue ocean dalam dunia bisnis. Semoga bermanfaat dan membantu Anda merumuskan bidang usaha dan produk yang ingin ditawarkan ya, detikers.



Simak Video "Mengenal Demit Token, Game Horor NFT Buatan Developer Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(des/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT