ADVERTISEMENT

Apa Itu Sumber Daya Usaha? Fungsi, Jenis, dan Kelompoknya

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Sabtu, 24 Sep 2022 05:30 WIB
Ketua pengurus Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) Henry C. Widjaja, Chief Executive PT Astra International Tbk dan Honda Sales Operation Sigit P. Kumala, Head of Recruitment & Assessment Center Division PT Astra International Head Office Yudi B. Lesmana, dan Manager YDBA Rahmat Handoyo berbincang disela-sela acara Seminar Employee Engagement yang diadakan oleh YDBA di Jakarta, Kamis, 29 September 2016.Untuk meningkatkan UMKM Mitra Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) tentang pengelolaan sumber daya manusia (SDM), YDBA menggelar seminar Employee Engagement dengan tema Pentingnya Employee Engagement dalam Sebuah perusahaan di Kantor pusat Astra International di Sunter, Jakarta, Kamis 29 September 2016. Peserta yang diperkirakan berjumlah 250 orang ini mendapat pengetahuan tambahan mengenai strategi mengelola kinerja karyawan melalui employee engagement mulai dari fase perengkrutan pegawai hingga proses terminasi serta menjaga agar karyawan selalu optimal dalam bekerja. Dalam seminar dijabarkan pentingnya kepercayaan dan transparasi dalam usaha meningkatkan produktivitas pekerja di tempat kerja. Hal ini disebabkan perusahaan membutuhkan kepercayaan dari karyawan dalam membangun budaya perusahaan yang baik. Komunikasi yang baik dan transparan dapat membangun kepercayaan dari karyawan untuk menunjang strategi dan tujuan perusahaan dengan nuansa informal yang diciptakan untuk mengimbangi formalitas pekerjaan sehari-hari.
Foto: dok. YDBA
Jakarta -

Sumber daya usaha (SDU) adalah faktor penting pada setiap proses kegiatan produksi. Untuk itu, perlu adanya pengelolaan sumber daya usaha yang baik, untuk mencapai tujuan suatu industri atau perusahaan.

Pihak yang melakukan produksi disebut produsen. Ada beberapa aspek yang merupakan unsur penting dalam manajemen wirausaha.

Apa saja yang menjadi sumber daya dalam usaha? Simak penjelasan fungsi hingga contoh jenis sumber daya usaha berikut.

Pengertian Sumber Daya Usaha

Mengutip laman bizfluent.com, pengertian sumber daya usaha adalah segala sesuatu yang dibutuhkan dalam kegiatan produksi (bisnis). Sumber daya usaha yang dimaksud bisa berupa sumber daya alam, mesin, maupun sumber daya manusianya.

Sejatinya, sumber daya harus diidentifikasi karena untuk menghasilkan suatu produksi yang baik dan unggul, kita perlu untuk mengetahui hal-hal apa saja yang diperlukan dalam proses produksi. Untuk itu, penting untuk memilih sumber daya usaha yang berkualitas.

SDU dianggap sebagai aset penting suatu perusahaan. Sumber daya ini melibatkan operasional dari jalannya suatu bisnis.

Fungsi Sumber Daya Usaha

Sumber daya usaha berfungsi untuk:

- Pemimpin yang Mengatur Segala Proses Bisnis

Fungsi dan peran sumber daya usaha yang pertama yaitu untuk memimpin jalannya proses bisnis. Untuk itu, peran pemimpin harus bisa membina dan meningkatkan keterampilan serta pengetahuan karyawannya.

- Sebagai Tenaga Kerja

Mesin dan manusia sebagai tenaga kerja akan saling bekerja sama dalam setiap kegiatan, guna mencapai tujuan perusahaan. Masing-masing tenaga kerja akan mengaplikasikan keahlian yang mereka miliki.

- Sebagai Pelanggan/Konsumen

Fungsi sumber daya usaha, khususnya manusia juga berperan menjadi pelanggan/konsumen. Pelanggan merupakan orang yang membeli suatu produk barang/jasa. Sementara, konsumen adalah orang yang memakai barang hasil produksi.

- Sebagai Produsen

Produksi merupakan aktivitas untuk membuat suatu barang untuk memenuhi kebutuhan manusia. Artinya,produsen tidak akan memproduksi suatu barang apabila tidak ada konsumen yang memintanya.

Jenis Sumber Daya Usaha

Sumber daya usaha yang dimiliki oleh perusahaan bisa dikategorikan ke dalam enam tipe sumber daya, yaitu dikenal dengan istilah 6M. 6M dalam usaha adalah singkatan dari man, money, material, machine, method, dan market.

Mengutip modul Kemdikbud Prakarya dan Kewirausahaan yang disusun oleh Nurfiani Sri Hattari, S.Pd, adapun yang termasuk jenis 6M sumber daya dalam usaha adalah sebagai berikut:

1. Man (Manusia)

Man dalam usaha yaitu manusia sebagai salah satu faktor produksi. Manusia berperan penting dalam menjadi unsur dalam manajemen usaha. Manusia dalam usaha adalah pemilik ide maupun gagasan yang nantinya, ide tersebut akan diaplikasikan dalam proses pembuatan suatu produk.

Contoh sumber daya manusia (SDM) adalah seorang atasan, karyawan maupun semua orang yang ada dalam rantai pasokan usaha. Alasan mengapa unsur manusia sangat penting dalam usaha adalah karena manusia sebagai tenaga kerja yang menjalankan proses produksi untuk mencapai tujuan perusahaan.

2. Money (Uang)

Money atau uang merupakan alat tukar dan alat pengukur nilai. Uang dalam hal ini disebut sebagai modal atau dana yang dibutuhkan. Jadi, tak dipungkiri bahwa uang menjadi unsur penting untuk mencapai tujuan.

Di mana, besar atau kecilnya hasil kegiatan produksi bisa diukur dari jumlah uang yang beredar dalam perusahaan/industri. Segala sesuatunya memang harus diperhitungkan secara rasional, untuk itu penting untuk mengetahui:

  • Berapa uang yang harus disediakan untuk membeli alat-alat dan perlengkapan produksi?
  • Berapa uang dibutuhkan untuk membiayai gaji tenaga kerja?
  • Berapa banyak hasil yang akan dicapai dari suatu perusahaan?

3. Material (Materi)

Material merupakan jenis bahan yang akan digunakan dalam kegiatan produksi. Materi terdiri dari bahan setengah jadi dan sudah jadi.

Tidak semua perusahaan bisa menghasilkan bahan mentah sendiri, untuk membantu kegiatan produksi mereka. Oleh sebab itu, banyak yang membeli bahan baku dari pihak lain.

Penting untuk mendapatkan bahan mentah berkualitas dan cara pengangkutan dengan harga yang termurah. Tujuannya agar membuat proses pengolahan seefisien mungkin.

4. Machine (Mesin/Teknologi)

Mesin atau peralatan adalah alat yang digunakan dalam proses produksi. Bantuan teknologi mesin akan mempermudah pekerjaan manusia. Sehingga, adanya bantuan mesin akan mampu meningkatkan jumlah produksi.

5. Method (Metode)

Method merupakan cara kerja yang diterapkan. Peran sumber daya metode dalam usaha adalah untuk menghubungkan segala sesuatu yang ada dalam aktivitas perusahaan.

Penerapan metode kerja yang baik akan membantu membuat proses kerja menjadi lebih efektif serta efisien. Cara kerja juga harus disesuaikan dengan jenis maupun kebutuhan perusahaan.

6. Market (Pasar)

Pasar merupakan tempat untuk menjual hasil produksi. Apabila barang yang diproduksi tidak laku di pasaran, hal ini akan membuat proses produksi barang terhenti.

Penguasaan pasar bisa didapatkan asalkan, kita menghasilkan produk dengan kualitas harga sesuai dengan selera dan daya beli pelanggan/konsumen kita. Oleh sebab itu, dibutuhkan kemampuan manusia yang hebat untuk membuat trik dan cara jitu dalam memasarkan produk.

Kelompok Sumber Daya Usaha

Dikutip dari laman marketing91, berikut adalah yang termasuk kelompok sumber daya usaha:

1. Sumber Daya Keuangan

Sumber daya keuangan atau finansial merupakan kelompok sumber daya usaha yang berhubungan dengan uang/modal hingga kredit usaha. Dalam hal ini, pekerja bagian keuangan mengelola dana perusahaan serta merencanakan pengeluaran perusahaan.

Contoh sumber daya keuangan adalah yaitu hasil keuntungan dari penjualan produk atau layanan perusahaan, jumlah uang dari para pemegang saham perusahaan, obligasi (surat utang), dan lain-lain.

2. Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia (SDM) menjadi kunci dalam perkembangan usaha, karena peran manusia akan berdampak pada keberhasilan tujuan perusahaan. SDM juga penting dalam layanan pelanggan, karena manusia bisa memberikan solusi yang disesuaikan dengan masalah pelanggan.

SDM termasuk hal yang paling utama sebagai pendukung keberhasilan usaha, dengan menerapkan skill atau keahlian/keterampilan dan pengetahuan yang mereka miliki. Kinerja karyawan yang baik tentu akan menghasilkan peningkatan efektivitas, efisiensi serta kualitas usaha.

3. Sumber Daya Intelektual

Sumber daya intelektual adalah jenis sumber daya yang bersifat non-fisik atau tidak berwujud. Contohnya, seperti hak paten produk, merek perusahaan, hak cipta atas materi penting hingga kemitraan. Data pelanggan dan pengetahuan pelanggan suatu perusahaan juga disebut sebagai bentuk sumber daya intelektual.

4. Sumber Daya Fisik

Sumber daya fisik disebut sebagai aset berwujud yang digunakan suatu perusahaan, untuk menciptakan nilai ke pelanggannya. Contoh sumber daya fisik mencakup:

  • Peralatan
  • Bangunan
  • Pabrik
  • Kantor, serta inventaris lainnya.


Simak Video "Mengenal Demit Token, Game Horor NFT Buatan Developer Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(khq/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT