ADVERTISEMENT

10 Cara Membangun Kerja Sama Tim yang Baik dalam Kelompok

Stefani Ditamei - detikFinance
Jumat, 23 Sep 2022 06:35 WIB
Ilustrasi kerja sama tim.
Foto: krakenimages/Unsplash
Jakarta -

Kerja sama tim yang baik diperlukan untuk kelangsungan organisasi dan perusahaan. Mengingat sebuah tim terdiri dari lebih dari satu orang.

Apa saja yang bisa dilakukan oleh tim supaya dapat bekerja sama dengan baik? Simak ulasannya di bawah ini.

Cara Membangun Kerja Sama Tim

Ada beberapa hal yang bisa diterapkan untuk membangun kerja sama tim yang baik. Menurut Lumapss, kerja sama tim dalam perusahaan dapat ditingkatkan dengan cara berikut:

1. Membangun Tim yang Inklusif dan Beragam

Salah satu hal yang paling penting dalam kerja sama adalah fokus menciptakan tim yang inklusif dan beragam. Latar belakang tim yang berbeda-beda akan membawa perspektif dan ide-ide yang baru. Semakin banyak perspektif, semakin mudah untuk membuat keputusan yang berkaitan dengan pekerjaan.

2. Setiap Anggota Memiliki Tugas dan Tanggung Jawab yang Jelas

Apabila anggota tim masih ragu dengan tugas dan tanggung jawab mereka, maka menimbulkan potensi konflik dengan anggota lainnya. Itulah sebabnya, penting untuk mengetahui peran dan tanggung jawab setiap anggota dengan jelas.

3. Membangun Kepercayaan Tim

Kepercayaan adalah komponen yang penting untuk membangun kerja sama. Bagaimana rasanya jika bekerja dengan anggota yang tidak dipercaya? Maka pekerjaan akan terhambat dan terancam gagal Mulailah membangun hubungan yang dilandasi kepercayaan antar anggota.

4. Komunikasi yang Jelas dan Intens

Komunikasi adalah kunci yang penting untuk membangun kerja sama tim yang baik. Meski terdengar sangat mendasar, tetapi komunikasi menjadi salah satu hal penting untuk diterapkan. Komunikasi yang kuat juga membantu meningkatkan kepercayaan antar anggota tim satu sama lain.

5. Memberikan Tim Kesempatan untuk Mengambil Keputusan

Mempercayai tim untuk mengambil keputusan merupakan hal penting untuk membangun kepercayaan dan meningkatkan kinerja tim. Apabila sebuah tim tidak memiliki kekuatan untuk mengambil keputusan sendiri, maka mengakibatkan pekerjaan menjadi kurang optimal.

6. Mengatur Waktu untuk Meeting Secara Bijak

Pertemuan tim seperti rapat, brainstorming, dan saling membagikan ide menjadi hal yang penting dalam kerja sama. Upayakan untuk membuat pertemuan tim yang fokus dan meningkatkan produktivitas. Misalnya, sebelum mengadakan pertemuan, usahakan untuk memiliki rancangan yang terstruktur di setiap pertemuan.

7. Tidak Perlu Takut Mengatur Dinamika dalam Tim

Apabila beberapa anggota mengalami kesulitan untuk mengatasi tanggung jawab dan tugasnya, tidak perlu takut untuk membuat perubahan dalam tim. Hal tersebut dilakukan untuk mengatur dinamika dalam tim tetap stabil dan produktif.

8. Memberi Kesempatan Anggota Tim untuk Belajar

Berikan kesempatan bagi anggota tim untuk belajar mengerjakan project bersama-sama. Untuk mengoptimalkan kinerja, tidak ada salahnya untuk memberikan training dan arahan (workshop). Workshop dengan pembicara yang berpengalaman dapat menjadi pembelajaran baru bagi anggota tim.

Kerja Sama Tim yang Baik itu Seperti Apa?

Setelah mempelajari cara membangun kerja sama tim, ada baiknya untuk mengetahui apa saja ciri-ciri kerja sama tim yang baik. Pada umumnya, tim yang baik memiliki empat komponen penting, di antaranya adalah:

  • Setiap tim dibentuk untuk mewujudkan dan mencapai tujuan yang sama.
  • Setiap anggota tim disatukan untuk bekerja sama dengan mencapai tujuan tersebut. Anggota tim membutuhkan komunikasi yang baik supaya saling berkoordinasi dan membagi tujuan bersama.
  • Anggota dalam tim dapat mempengaruhi orang lain meski beberapa anggota tim lainnya dapat mempengaruhi orang lain dibandingkan dirinya tentang tujuan dan kegiatan dari perusahaan tersebut.
  • Keberadaan sebuah tim selalu ada ketika anggota tim menerima dirinya sebagai satu kesatuan dalam sibuk.

Contoh Kerja Sama Tim yang Baik

Berikut adalah contoh kerja sama tim yang baik, dilansir dari Opex Manager:

  • Mengambil keputusan bersama secara kolektif.
  • Setiap orang memiliki kesempatan untuk membagikan ide dan gagasan mereka.
  • Menghormati keputusan bersama tanpa ada konflik.
  • Saling support satu sama lain.
  • Bertanggung jawab atas kesalahan yang diperbuat.
  • Memiliki kesabaran saat menunggu anggota tim lainnya.
  • Setiap anggota tim menunjukkan apresiasi terhadap satu sama lain.
  • Melakukan diskusi untuk pekerjaan yang akan dilakukan.
  • Saling mendukung ide satu sama lain.
  • Memiliki keinginan untuk berkontribusi.
  • Memiliki pikiran terbuka tentang ide baru.
  • Setiap anggota saling memuji satu sama lain.
  • Anggota bertanggung jawab terhadap tindakan yang diambil.
  • Setia dan loyal terhadap anggota tim lainnya.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa kerja sama tim yang baik tidak hanya memiliki hubungan baik dengan anggota tim, tetapi memiliki tujuan bersama yang hendak dicapai. Semoga informasi ini dapat bermanfaat, terutama bagi Anda yang sedang mempelajari manajemen karyawan dan perusahaan.



Simak Video "Mengenal Bagan, Alat Tangkap Ikan Nelayan Anambas"
[Gambas:Video 20detik]
(des/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT