15 Kemampuan Interpersonal yang Harus Dimiliki Pengusaha

ADVERTISEMENT

15 Kemampuan Interpersonal yang Harus Dimiliki Pengusaha

Anindyadevi Aurellia - detikFinance
Sabtu, 08 Okt 2022 04:00 WIB
Ilustrasi Kemampuan Interpersonal.
Foto: krakenimages/Unsplash
Jakarta -

Meskipun kemampuan interpersonal tampaknya mudah untuk dipraktekkan saat berinteraksi dengan orang lain setiap hari, artikel berikut ini akan membantu Anda meningkatkan kualitas diri dengan cepat.

Simak berikut ini penjelasan mengenai kemampuan interpersonal.

Apa Itu Kemampuan Interpersonal?

Muhamad Fadilah Harsandi dalam penelitiannya yang berjudul Hubungan Intensitas Penggunaan Smartphone dengan Kompetensi Interpersonal pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Suska Riau, menuliskan pendapat Handfield (2006). Tertulis bahwa kompetensi interpersonal sebagai kemampuan seseorang untuk bekerja dengan orang lain dan membina hubungan interpersonal.

Kemampuan interpersonal merupakan perilaku yang sesuai dalam berhubungan seperti memulai kontak, dukungan emosional, keterbukaan, mengatasi konflik. Artinya seorang individu punya kemampuan untuk melakukan komunikasi yang efektif.

Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan interpersonal adalah kemampuan untuk membina hubungan dengan berkomunikasi secara efektif serta mengelola dan mengatasi konflik dengan orang lain.

Manfaat Kemampuan Interpersonal

- Mampu Membangun Hubungan

Kemampuan interpersonal penting untuk berkomunikasi dalam kehidupan pribadi maupun profesional. Orang dengan kemampuan interpersonal yang kuat cenderung membangun hubungan yang baik dan dapat bekerja dengan orang lain. Mereka memahami keluarga, teman, rekan kerja, dan klien dengan baik. Orang sering senang bekerja dengan rekan kerja yang memiliki kemampuan interpersonal yang baik.

- Mampu Memberi Solusi

Manfaat lain dari kemampuan interpersonal termasuk kemampuan untuk memecahkan masalah dan membuat keputusan yang baik. Anda dapat menggunakan kemampuan komunikasi interpersonal untuk memahami orang lain untuk mendapatkan solusi terbaik atau membuat keputusan terbaik untuk semua orang yang terlibat.

- Mampu Bekerja Tim

Banyak pemberi kerja mencoba merekrut staf dengan kemampuan interpersonal yang kuat karena orang-orang ini sering bekerja dengan baik dalam tim dan berkolaborasi dengan rekan kerja mereka secara efektif.

- Bisa Jadi Pemimpin

Orang dengan kemampuan interpersonal juga cenderung menjadi pemimpin yang baik karena kemampuan mereka untuk berkomunikasi dan memotivasi orang-orang di sekitar mereka.

Kemampuan Interpersonal yang Harus Dimiliki Pengusaha

Dalam lingkungan kerja, kemampuan interpersonal yang kuat adalah aset untuk berkomunikasi dan memahami orang lain. Anda perlu menggunakan kemampuan ini setiap hari ketika berinteraksi dengan orang-orang secara tatap muka. Kemampuan interpersonal yang harus dimiliki pengusaha meliputi:

  1. Mendengarkan secara aktif
  2. Mau bekerja tim
  3. Tanggung jawab
  4. Keteguhan
  5. Kepemimpinan
  6. Motivasi
  7. Fleksibilitas
  8. Kesabaran
  9. Empati
  10. Resolusi konflik
  11. Perundingan
  12. Kerja cepat
  13. Mampu berbagi tugas
  14. Percaya diri
  15. Mau belajar

Cara Meningkatkan Interpersonal Skill

1. Menghadiri Lokakarya atau Kelas Online

Ada beberapa lokakarya, kelas online, dan video tentang cara Anda dapat berlatih membangun kemampuan interpersonal. Meskipun banyak yang gratis, beberapa kesempatan mungkin berbayar.

2. Cari Peluang Membangun Hubungan

Jika Anda bekerja dari rumah, Anda dapat mempertimbangkan untuk bergabung dengan komunitas.

3. Bersikap Bijaksana

Luangkan waktu untuk mengoreksi interaksi dan pertimbangkan cara Anda menyampaikan sesuatu. Seperti kata-kata tertentu yang Anda ucapkan, cara Anda bereaksi, atau bahasa tubuh yang Anda gunakan. Belajarlah untuk berpikir dua kali sebelum menyampaikan suatu hal.

4. Minta Teman untuk Mengkritik

Akan sangat membantu untuk mendapatkan perspektif pihak ketiga tentang tingkat keahlian Anda. Nantinya, Anda akan memiliki cara-cara spesifik yang dapat Anda tingkatkan. Mintalah teman atau kolega yang dipercaya untuk memberikan kritik yang membangun mengenai kemampuan interpersonal Anda.

5. Amati Interaksi Positif

Terbiasa terpapar dengan lingkungan yang positif juga mempengaruhi. Anda dapat belajar dengan melihat orang lain menggunakan kemampuan interpersonal. Amati interaksi positif dari orang-orang di sekitar Anda dan terapkan kualitas yang Anda kagumi pada hubungan Anda sendiri.

Nah detikers, itulah tadi contoh-contoh sifat yang harus dimiliki pengusaha dalam berinteraksi interpersonal. Sebagai seorang usahawan, Anda harus berusaha mempelajarinya. Semoga berhasil, ya!



Simak Video "Kelesuan Pasar Global Sebabkan PHK Massal Industri Padat Karya"
[Gambas:Video 20detik]
(aau/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT