15 Cara Presentasi yang Baik dan Benar untuk Pebisnis

ADVERTISEMENT

15 Cara Presentasi yang Baik dan Benar untuk Pebisnis

Bayu Ardi Isnanto - detikFinance
Rabu, 19 Okt 2022 15:42 WIB
Ilustrasi presentasi.
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Bagi pebisnis, presentasi pasti dibutuhkan untuk menyampaikan pesan kepada klien, konsumen, maupun rekan kerja. Presentasi bisa dilakukan dengan teknik jitu agar berhasil mencapai tujuan. Lalu seperti apa cara presentasi yang baik?

Di sini akan kami ulas sejumlah hal mengenai presentasi, mulai dari cara melakukan presentasi yang efektif, apa saja yang harus disiapkan sebelum presentasi, hingga cara menghilangkan kegugupan.

Cara Melakukan Presentasi dengan Baik dan Efektif

Nah berikut ini sudah kami rangkum 15 cara presentasi yang baik dan efektif untuk pebisnis. Tentu keberhasilan dari sebuah presentasi ditentukan mulai dari pembuatan materi presentasi hingga pelaksanaan presentasi yang baik.

1. Buat Desain Menarik

Sebelum melakukan presentasi, siapkan terlebih dahulu materi presentasinya. Buat desain yang menarik dan efektif. Pilih tema desain yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan, mulai dari jenis huruf, ukuran huruf, warna latar, dan warna tulisan.

2. Teks Ringkas, Beri Gambar

Satu slide berisi satu pesan. Hanya tuliskan poin utamanya, selebihnya Anda yang menjelaskan. Jangan biarkan audiens membaca keterangan panjang di materi presentasi Anda. Biarkan mereka mendengar penjelasan materi dari Anda.

Jangan lupa beri gambar, ilustrasi, atau grafik yang menarik dan sesuai dengan poin yang Anda sampaikan. Gambar ini membuat audiens lebih mengingat pesan Anda, ketimbang membaca sederet tulisan yang panjang.

3. Tambahkan Multimedia Jika Perlu

Siapkan multimedia berupa audio atau video jika memang diperlukan. Terkadang, audiens kesulitan membayangkan apa yang disampaikan presenter, sehingga membutuhkan bantuan video atau audio.

4. Buat Presentasi yang Urut

Sampaikan materi secara runtut. Termasuk dengan slide presentasi Anda yang harus urut sesuai dengan alur, sehingga penyampaian pesan bisa mengalir.

5. Kuasai Materi, Bukan Menghafal

Setelah materi siap, pastikan Anda menguasainya, namun bukan dengan cara menghafal setiap kata dan kalimat yang akan disampaikan. Tipsnya, yaitu pahami inti dari setiap poin, selebihnya bisa Anda kembangkan sendiri.

6. Perhatikan Penampilan

Penampilan presenter juga penting. Selain untuk meningkatkan percaya diri, penampilan juga membuat audiens yakin dengan Anda. Tentu penampilan ini disesuaikan dengan materi dan audiens. Jika presentasi bersifat formal, Anda bisa mengenakan jas atau kemeja.

7. Perhatikan Cara Penyampaian

Cara menyampaikan materi ini mulai dari penggunaan bahasa yang dapat diterima audiens, intonasi dan artikulasi yang jelas, santai, sopan, tidak terlalu cepat, tidak terlalu lambat. Selipkan humor atau selingan sehingga audiens tidak bosan.

8. Sampaikan dengan Logis

Setiap penjelasan dalam materi harus logis sehingga bisa diterima oleh audiens. Jika itu sebuah klaim, maka sampaikan pula dasarnya, riset dari mana.

9. Bersemangat

Lakukan presentasi dengan bersemangat, namun jangan berlebihan. Sikap Anda akan sangat memengaruhi kondisi audiens. Mental juga harus diperkuat supaya Anda bisa terus berkonsentrasi jika menemui gangguan di tengah presentasi.

10. Kontak Mata

Jangan terlalu lama menunduk atau menghadap ke layar. Kontak mata dengan audiens saat presentasi. Hal ini juga menunjukkan kepercayaan diri Anda.

11. Komunikasi Dua Arah

Libatkan audiens dalam presentasi Anda. Dengan demikian, mereka merasa lebih dianggap dan semakin berkonsentrasi mendengarkan Anda. Misalnya berikan pertanyaan ringan sesuai dengan materi yang sedang Anda bahas.

12. Jangan Terlalu Lama

Presentasi yang baik adalah ketika audiens dapat menangkap pesan Anda dalam waktu singkat. Maka jangan terlalu lama dan membuat audiens bosan mendengarkan Anda. Namun jika Anda melihat audiens mulai bosan, berikan selingan atau humor untuk kembali menyegarkan mereka.

13. Siapkan Sesi Tanya Jawab

Sampaikan presentasi dalam waktu yang tidak terlalu lama. Selebihnya biar audiens yang aktif bertanya kepada Anda. Sesi tanya jawab ini juga menunjukkan seberapa tertarik audiens dengan materi Anda.

Jangan lupa untuk membuat simulasi tanya jawab saat membuat materi. Siapkan antisipasi terhadap pertanyaan-pertanyaan sulit. Semakin Anda siap dan melakukan antisipasi, kemungkinan audiens juga akan semakin puas dengan jawaban-jawaban Anda.

14. Buka dan Tutup Presentasi dengan Menarik

Pembuka dan penutup selalu menjadi poin penting dalam tiap presentasi. Pembukaan yang menarik akan membuat audiens penasaran dan ingin terus mengetahui isi materi hingga selesai.

Akhir yang menarik akan membuat audiens mengingat pesan Anda, maka sampaikan kembali tujuan dari presentasi Anda di akhir presentasi agar mereka mengikuti apa yang Anda inginkan.

15. Latihan

Kemampuan presentasi yang baik tidak langsung turun dari langit. Para presenter juga terus berlatih dan berlatih. Semakin besar jam terbang, maka menyampaikan presentasi akan menjadi mudah.

Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Presentasi

Setelah mengetahui teknik pembuatan presentasi hingga tips melakukan presentasi yang baik, perlu Anda ketahui juga apa saja yang perlu disiapkan sebelum melakukan presentasi. Dilansir dari laman Universitas Stekom, ada empat hal yang perlu Anda siapkan.

1. Kenali Siapa Audiens Anda

Sebelum melakukan presentasi, Anda wajib mengetahui siapa audiens yang akan Anda hadapi. Sebagai pebisnis, hal ini sudah biasa dilakukan ketika melakukan riset guna menentukan segmen pasar.

Kenali lah mulai dari latar belakang demografi dan budayanya. Carilah apa hal yang menjadi disukai maupun yang tidak disukai audiens. Sesuaikan penampilan hingga cara presentasi sesuai dengan latar belakang klien agar satu frekuensi.

2. Kuasai Peralatan

Ada baiknya Anda melakukan geladi terlebih dahulu sebelum melakukan presentasi bisnis. Terlebih jika Anda akan melakukan presentasi dengan peralatan sendiri. Peralatan tersebut misalnya laptop, proyektor, laser pointer, hingga remot.

Hal ini penting untuk Anda memastikan seluruh peralatan berfungsi dengan baik. Kalau pun ternyata ada peralatan yang kurang normal, Anda bisa segera mencari solusi. Jangan biarkan klien menunggu Anda memperbaiki peralatan di tengah presentasi.

3. Kuasai Panggung

Selain geladi terkait alat presentasi, Anda perlu juga menguasai panggung atau lokasi presentasi. Misalnya seberapa luas tempat presentasi sehingga diperkirakan di mana Anda berdiri agar bisa berkomunikasi dengan baik kepada seluruh audiens.

Kemudian bagaimana pencahayaan di lokasi itu, apakah membuat materi presentasi tidak terlihat. Anda juga bisa memperkirakan sekeras apa Anda saat berbicara, apakah perlu speaker besar.

4. Kuasai Materi

Tentu yang terpenting ialah menguasai materi yang akan Anda sampaikan. Apalagi jika yang membuat slide presentasi bukan Anda sendiri, maka perlu Anda coba berkali-kali supaya semakin menguasai bahan presentasi.

Cara Menghilangkan Gugup Saat Presentasi

Sangat manusiawi jika presenter gugup saat hendak melakukan presentasi, terutama jika presenter belum memiliki jam terbang tinggi. Belum lagi jika presentasi dilakukan untuk keperluan bisnis yang sangat menentukan.

Bisa jadi Anda akan terlihat gemetar ketika menyampaikan presentasi. Bahkan bisa juga akan meluncur keringat dingin di tangan, hingga jantung berdetak lebih cepat. Tentu hal ini bisa menyebabkan presenter kehilangan konsentrasi.

Namun hal tersebut bukan tidak bisa diatasi. Ada sejumlah cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan gugup saat presentasi. Berikut ini ada enam cara seperti dilansir dari laman Universitas Medan Area dan Universitas Negeri Yogyakarta, serta beberapa sumber lain.

1. Bersikap Tenang

Ketika Anda merasa gugup, berusahalah untuk bersikap tenang. Kuatkan hati dan yakinlah Anda akan menyelesaikan tugas dengan baik.

2. Atur Napas

Rasa gugup akan membuat jantung berdetak lebih cepat dan napas menjadi pendek. Saat itu aturlah napas agar kembali tenang. Caranya dengan ambil napas panjang dan embuskan perlahan.

3. Lakukan Hal yang Anda Sukai

Jika Anda gugup sebelum melakukan presentasi, alihkan pikiran Anda dengan melakukan hal yang Anda sukai. Misalnya bercanda dengan teman atau mendengarkan musik.

4. Lakukan Pergerakan

Jika Anda gugup saat melakukan presentasi, cobalah lakukan pergerakan, misalnya menjelaskan sambil berjalan.

5. Jalani Persiapan

Salah satu penyebab gugup ialah karena tidak siap untuk berpresentasi. Maka lakukanlah empat hal yang perlu disiapkan sebelum melakukan presentasi seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, yakni mengenali audiens, menguasai peralatan, menguasai panggung dan menguasai materi.

6. Berdoa

Terakhir ialah hal yang juga penting, yaitu berdoa. Bagi banyak orang, doa diyakini dapat menguatkan diri sehingga mampu menjalankan pekerjaan dengan baik.

Demikian tadi tips-tips bagi pebisnis agar dapat melakukan presentasi dengan baik dan efektif. Sekarang detikers sudah siap melakukan presentasi?



Simak Video "Klarifikasi Terkait Kabar Kepulauan Widi Akan Dilelang"
[Gambas:Video 20detik]
(des/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT