Mengenal Apa Itu Promotor, Tugas, dan Tanggung Jawabnya

ADVERTISEMENT

Mengenal Apa Itu Promotor, Tugas, dan Tanggung Jawabnya

Debora Danisa Kurniasih Perdana Sitanggang - detikFinance
Kamis, 20 Okt 2022 14:56 WIB
Ilustrasi promotor.
Foto: Smartworks Coworking/Unsplash
Jakarta -

Ketika mendengar kata promotor, mungkin yang terlintas di benak kita adalah promosi. Ya, promotor merupakan orang yang berkaitan dengan kegiatan promosi. Namun, ternyata tugas promotor bukan hanya untuk menampilkan dan mempromosikan suatu produk.

Dalam artikel ini, kita akan mengulik lebih detail tentang apa itu promotor, serta tugas dan tanggung jawabnya. Simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Promotor

Mengutip situs TalentLyft, promotor adalah profesional pemasaran yang bertanggung jawab mendemonstrasikan fitur produk kepada klien atau audiens. Profesional yang juga kerap disebut marketing promotor ini bertugas menunjukkan cara kerja produk dan membujuk klien atau audiens untuk membeli produk mereka.

Selain marketing promotor, dikenal pula business promotor. Definisinya hampir sama dengan marketing promotor. Dalam hal ini, promotor adalah individu, instansi, atau perangkat lunak yang digunakan untuk mempublikasikan atau mempromosikan produk barang atau jasa kepada konsumen. Promotor bisnis bisa menggunakan metode periklanan tradisional atau teknologi baru untuk menarik perhatian audiens dan mendapat pelanggan baru.

Di Indonesia sendiri, istilah yang lebih awam digunakan adalah sales promotor. Mengutip TD Nawang Sasih dalam situs e-journal.uajy.ac.id, sales promotor adalah perwakilan perusahaan untuk memperkenalkan produk yang akan ditawarkan kepada masyarakat. Sales promotor bergerak di bidang jasa pelayanan konsumen dan berperan dalam memberitahukan, mengingatkan, hingga membujuk konsumen dalam proses pembelian.

Jika melihat beberapa definisi promotor di atas, maka dapat disimpulkan bahwa promotor adalah pihak yang mempromosikan produk melalui demonstrasi atau publikasi dengan tujuan menarik perhatian dan membujuk audiens agar membeli produk tersebut.

Tugas dan Tanggung Jawab Promotor

Melihat definisi pada bagian sebelumnya, tugas utama promotor adalah untuk memberikan informasi dan mendemonstrasikan keunggulan produk kepada konsumen potensial. Berikut tugas dan tanggung jawab promotor lebih detail, mengutip situs betterteam.com.

  • Mempersiapkan dan mengelola area demonstrasi produk (misalnya booth atau stand pada suatu event).
  • Menata sampel produk di area demonstrasi agar terlihat rapi dan menarik.
  • Mendemonstrasikan fitur-fitur dan kelebihan produk atau layanan kepada calon konsumen potensial.
  • Mempresentasikan produk melalui materi interaktif seperti video atau infografis.
  • Menjawab pertanyaan calon konsumen terkait produk atau layanan yang ditawarkan.
  • Membangun relasi dengan calon konsumen potensial dan pelanggan untuk menindaklanjuti pembelian.
  • Mencatat transaksi dan stok serta memproses pembayaran yang terjadi di area demonstrasi produk.
  • Melaporkan tingkat minat audiens, pertanyaan yang diajukan, jumlah produk yang terjual atau terdistribusi dalam acara, dan sebagainya.

Skill yang Dibutuhkan oleh Promotor

Setelah memahami tugas dan tanggung jawab promotor di atas, detikers tentu memiliki bayangan kualifikasi yang dibutuhkan untuk menjadi seorang promotor. Berikut skill atau keahlian yang dibutuhkan promotor menurut Raharti (2001) seperti dikutip oleh TD Nawang Sasih dalam e-journal.uajy.ac.id.

1. Kemampuan Komunikasi

Promotor wajib memiliki kemampuan komunikasi yang baik, karena mereka harus membangun interaksi dengan konsumen serta menyampaikan informasi produk dengan jelas dan efektif.

2. Body Language dan Attitude

Promotor juga harus memiliki kemampuan body language yang baik. Dalam hal ini, gerakan fisik dan attitude yang diperlukan biasanya yang ramah, sopan, lemah lembut, dan sebagainya. Gerakan dan attitude sangat penting untuk memberikan persepsi positif terhadap produk yang ditawarkan, sehingga dapat mempengaruhi keputusan pembelian.

3. Selling dan Marketing

Karena tugas utamanya adalah mempromosikan produk, maka promotor sudah pasti harus memiliki kemampuan untuk menjual atau selling. Lebih rinci lagi, mereka harus memiliki pemahaman yang cukup tentang marketing dan bisnis.

4. Bahasa Asing

Skill yang satu ini tidak wajib dimiliki, tetapi akan sangat membantu dan memberikan nilai tambah bagi promotor. Promotor dapat melakukan approach pada konsumen yang lebih beragam.

Nah, itulah penjelasan mengenai promotor. Semoga dapat berguna bagi detikers yang ingin menjadi seorang promotor bisnis atau sedang mencari promotor untuk usahanya.



Simak Video "Ngobrol Pintar Brilianpreneur 2022 Episode 4"
[Gambas:Video 20detik]
(des/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT