Modal Awal Rp 5 Juta, Produsen Sandal Ini Bisa Cuan Rp 1 Miliar/Bulan

ADVERTISEMENT

Modal Awal Rp 5 Juta, Produsen Sandal Ini Bisa Cuan Rp 1 Miliar/Bulan

Ilyas Fadilah - detikFinance
Rabu, 18 Jan 2023 22:26 WIB
Pabrik Hijack Sandals
Pabrik Hijack Sandals/Foto: Ilyas Fadilah/detikcom
Bandung -

Industri Kecil Menengah (IKM) asal Bandung Hijack Sandals merupakan salah satu produsen alas kaki. Namun siapa sangka bisnis sandal didirikan dengan modal Awal kecil.

Pendiri Hijack, Zaky Gufron menyebut modal awalnya memulai bisnis hanya Rp 5 juta. Setelah percaya diri ia kemudian mengajukan pinjaman ke bank untuk mengembangkan bisnis.

"Modal awalnya kecil, dulu Rp 5 juta. Tapi pas udah mulai pede tahun 2013 pinjam uang ke Bank BRI ambil KUR Rp 50 juta," katanya di Hijack Sandal Workshop di Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Rabu (18/1/2023).

Rata-rata omzet Hijack saat ini mencapai Rp 500 juta sampai Rp 700 juta per bulan. Omzet Hijack bahkan bisa menyentuh angka Rp 1 miliar per bulan di waktu-waktu tertentu. Zaky menyebut musim tertinggi penjualan produknya adalah saat Lebaran dan Tahun Baru.

"Penjualan tertinggi Rp 1 miliar per bulan. Tapi rata-rata di Rp 500 juta sampai Rp 700 juta," tuturnya.

Saat mendirikan Hijack tahun 2010 Zacky masih berstatus pengangguran. Ketertarikannya memakai sandal menginspirasinya untuk membuat produknya sendiri.

"Awalnya dimulai 12 tahun lalu, 2010. Beres kuliah masih nganggur dan baru tahu di Bandung ada Cibaduyut, sentra sepatu," jelasnya.

Saat ini kapasitas produksi Hijack sekitar 4.000-4.500 per bulan. Hijack juga mengekspor produknya ke Singapura dan Jepang, dengan persentase 20% untuk ekspor dan 80% untuk lokal.

(hns/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT