Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 25 Sep 2019 07:00 WIB

Kisah Inspiratif

Jatuh Bangun Raja Bollywood Kumpulkan Harta Triliunan

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Shah Rukh Khan. Foto: Istimewa Shah Rukh Khan. Foto: Istimewa
Jakarta - Anda pecinta film India? Pasti tahu nama ini, Shah Rukh Khan. Ya, dia adalah aktor Bollywood yang telah memerankan puluhan judul film.

Beberapa film yang ia bintangi beberapa menjadi film yang fenomenal. Sebut saja, Kuch Kuch Hota Hai, Mohabbatein dan My Name Is Khan. Banyaknya judul film yang Khan bintangi mengantarkannya pada julukan Raja Bollywood

Dari film juga, ia berhasil mengumpulkan banyak pundi-pundi uang. Ia tercatat memiliki kekayaan hingga US$ 600 juta atau setara dengan Rp 8,4 triliun.

Namun patut diketahui, pria kelahiran New Delhi, 2 November 1965 ini sebelumnya memiliki kehidupan yang jauh berbeda dari saat ini. Hal itu diketahui dari sejumlah wawancara yang dilakukan kepada Khan.

Khan mengatakan, tak punya siapa-siapa saat meninggalkan Delhi."Ketika saya datang dari Delhi, saya tidak punya keluarga," katanya.

Orang tuanya meninggalkan Khan saat berusia muda. Dia bilang, orang tuanya 'pergi' secara mendadak karena sakit kanker. Sejak saat itu, ia mencoba mencari sesuatu yang bisa menutupi kekosongannya.

"Orang tua saya tiba-tiba pergi. Kami mengetahui bahwa mereka menderita kanker dan dalam waktu dua setengah bulan, mereka telah pergi," kata Khan.

"Saya tidak tahu harus berbuat apa. Saya hanya merasakan suatu malam, sementara di mazaar (tempat ibadah), saya harus mengisi kekosongan ini dengan sesuatu. Saya mendapat keberuntungan dalam film. Bagi saya, akting bukan pekerjaan tetapi tempat untuk melampiaskan perasaan saya," paparnya.


Khan tak punya banyak uang kala itu. Saat pertama kali pindah Mumbai, ia hanya membawa uang Rs 1.500. Bahkan, ia sempat hidup di jalan karena tak mampu bayar sewa.

Khan bilang, kemiskinan menimbulkan rasa takut hingga depresi.

"Pada titik tertentu dalam hidup saya, saya terlempar ke jalan karena kami tidak dapat membayar sewa. Kemiskinan menanamkan rasa takut, stres dan kadang-kadang depresi," terangnya.

Namun, Khan meyakini, Tuhan memberi kehidupan serta masalah agar orang menemukan cara untuk mengatasinya. Ia pun terus kerja keras sehingga bisa besar seperti saat ini.



Simak Video "Inspiratif! Dari Tugas Skripsi Menjadi Bisnis Produk Kulit"
[Gambas:Video 20detik]
(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com