Urjit Patel, Anak Perantau yang Jadi Gubernur Bank Sentral India

Danang Sugianto - detikFinance
Selasa, 14 Jul 2020 06:45 WIB
Urjit Patel
Urjit Patel/Foto: Dok. Forbes
Jakarta -

Urjit Patel merupakan sosok ternama bagi dunia ekonomi India. Keahliannya di bidang moneter membuat dia dipercaya menjadi Gubernur Bank Sentral India atau Reserve Bank of India (RBI).

Mengutip Yo Success, Selasa (14/7/2020), Urjit terpilih menjadi Gubernur RBI ke-24 menggantikan Raghuram Rajan pada 4 September 2016 hingga 2018. Sebelumnya dia juga sudah menjabat sebagai deputi gubernur RBI sejak 11 Januari 2013.

Sebelum diangkat, Urjit dikenal sebagai salah satu pejuang yang dipercaya Raghuram untuk menjaga laju inflasi. Dia bahkan mampu meredam inflasi tanpa harus menekan pertumbuhan ekonomi India.

Dia juga dikenal andal mengelola penurunan suku bunga, dan juga membersihkan buku-buku bank dari kredit macet. Oleh karena itu, Raghuram mendukung Patel untuk menggantikannya sebagai Gubernur RBI.

Siapa sebenarnnya Urjit Patel?

Secara keseluruhan, Urjit Patel memiliki pengalaman lebih dari 17 tahun di berbagai sektor baik itu keuangan, energi, dan infrastruktur. Pria ini lahir pada tanggal 28 Oktober 1963 di Nairobi Kenya. Dia sebelumnya memang berstatus sebagai warga negara Kenya sebelum bergabung di RBI.

Kakeknya telah bermigrasi dari Gujarat, India pada awal abad ke-20 ke Kenya. Ayahnya juga lahir di Kenya, dan telah memantapkan dirinya sebagai pengusaha sukses di Nairobi, yang menjalankan bisnis suku cadang.

Begitu juga dengan Urjit yang lahir dan besar di Kenya. Namun sebagian besar pendidikannya dia habiskan di Amerika Serikat (AS) dan Inggris.

Setelah menyelesaikan gelar Sarjana Ekonomi dari London School of Economics, Magister Filsafat dari Universitas Oxford pada tahun 1986, dan Doktor di bidang Ekonomi dari Universitas Yale pada tahun 1990, Urjit bergabung dengan IMF (Dana Moneter Internasional).

Dia bekerja di IMF di beberapa pos termasuk AS, India, Bahama, dan Myanmar di IMF sampai 1995. Yang menarik, ia bergabung dengan IMF sebagai warga negara Kenya.

Setelah itu, ia melanjutkan ke Reserve Bank of India, di mana ia berperan sebagai penasihat dalam pengembangan pasar utang, reformasi sektor perbankan, reformasi dana pensiun, penargetan nilai tukar riil, dll.

Kemudian menjalani profesi sebagai konsultan pemerintahan India dari tahun 1998 hingga 2001. Deretan instansi yang pernah dia lakoni sebagai konsultan mulai dari Departemen Tenaga, Departemen Keuangan, dan Departemen Urusan Ekonomi.



Simak Video "Gadis 19 Tahun Meninggal Diperkosa 4 Pria Picu Protes di India"
[Gambas:Video 20detik]
(das/ara)