Mengenang Penemu Mouse Komputer yang Wafat di Usia 91 Tahun

Danang Sugianto - detikFinance
Kamis, 06 Agu 2020 08:53 WIB
aksesoris laptop
Ilustrasi/Foto: Istimewa
Jakarta -

William 'Bill' English meninggal pada 26 Juli di California di usia 91 tahun. Dia merupakan insinyur yang membantu menciptakan mouse komputer pertama.

Mitra English adalah Douglas Engelbart yang telah meninggal pada 2013 lalu. Keduanya melakukan revolusi komputasi modern, pada saat sebagian besar komputer menjadi raksasa logam impersonal yang lambat.

Menurut New York Times, kedua pria itu bertemu pada akhir 1950-an di Stanford Research Institute, setelah English menyelesaikan tugasnya di Angkatan Laut AS.

Engelbart memiliki ide sebuah perangkat yang dapat menggerakkan kursor melintasi antarmuka komputer. Ide itu kemudian dirancang dan dibuat oleh English yang kemudian diberi nama 'mouse'.

Kedua pria itu mulai menciptakan versi awal mouse berupa balok kayu dengan roda di bagian bawah pada 1968. Beberapa tahun kemudian, English meninggalkan Stanford untuk bekerja di Xerox's Palo Alto Research Center. Di sana dia memoles desain mouse dan membuka jalan untuk penggunaannya di komputer pribadi dari Apple dan Microsoft.

Tidak jelas bagaimana mouse itu mendapatkan namanya. Beberapa ahli mengatakan itu merujuk bagaimana kursor di monitor mengejar gerakan perangkat tersebut. Ada juga yang bilang karena kabel panjang yang tersambung sehingga terlihat seperti ekor tikus.

"Saya tidak tahu mengapa kami menyebutnya tikus. Kadang-kadang saya minta maaf karena pada awalnya disebut seperti itu dan kami tidak pernah mengubahnya," kata Englebart di Mother of All Demos.



Simak Video "Pengisi Suara Minnie Mouse Meninggal Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(das/ara)