Kisah Inspiratif

Zhang Yiming yang Kaya Raya di Usia Muda Lewat TikTok

Danang Sugianto - detikFinance
Selasa, 24 Nov 2020 07:15 WIB
Zhang Yiming
Foto: Dok. Reuters

Pengalaman itu terbayar dengan sangat baik. Saat ini, pria berusia 36 tahun itu termasuk yang terkaya di China dengan kekayaan bersih sekitar US $ 16,2 miliar. Dia memperoleh sebagian besar kesuksesannya saat mendirikan ByteDance, sebuah perusahaan teknologi yang berbasis di Beijing.

Perusahaan ini dikenal sebagai pemilik platform agregasi berita, Jinri Toutiao. Selain itu perusahaan ini juga memiliki aplikasi berbagi video pendek yang saat ini sedang booming di seluruh dunia, TikTok.

Pada Juni lalu, seorang eksekutif perusahaan menyatakan bahwa perusahaan telah mencapai lebih dari satu miliar pengguna aktif di seluruh aplikasinya awal tahun ini.

"Sejak saya menjadi pengusaha, saya telah dihadapkan pada lebih banyak orang dan pengalaman. Ketika saya masih seorang insinyur, pola pikir saya sangat terbatas. Tapi sekarang saya harus mengembangkan produk, yang membuat saya perlu memahami pengguna kami dan apa yang mereka inginkan," kata Zhang.

Untuk memahami itu, Zhang kini turut serta membuat video TikTok. Dia juga mewajibkan seluruh karyawannya untuk membuat video TikTok sendiri.

"Mereka harus memperoleh sejumlah 'suka'. Jika tidak, mereka harus melakukan push-up. Itu adalah langkah besar bagi saya," ucapnya.

Oktober lalu,Zhang mendapatkan putaran pendanaan baru sebesar US$ 3 miliar. Hal itu membuat ByteDance kini bernilai sekitar US$ 75 miliar.

Menurut Crunchbase, sederet investor besar di ByteDance di antaranya General Atlantic, SoftBank, KKR & Co dan Primavera Capital Group.

Halaman

(das/eds)