Kisah Inspiratif

Zhang Yiming yang Kaya Raya di Usia Muda Lewat TikTok

Danang Sugianto - detikFinance
Selasa, 24 Nov 2020 07:15 WIB
Zhang Yiming
Foto: Dok. Reuters
Jakarta -

Sebagai Pendiri ByteDance, Zhang Yiming kini menjadi salah satu orang terkaya di China dengan total harta mencapai US$ 16,2 miliar atau setara Rp 228 triliun. Kekayaannya itu berkat aplikasi yang dibuatnya seperti TikTok dan Jinri Toutiao yang sangat sukses.

Melansir SCMP, nama Zhang Yiming sebenarnya berasal dari pepatah China yang berarti mengejutkan semua orang dengan usaha pertama. Namun kesuksesannya yang dia raih sebagai pengusaha teknologi bukanlah usaha dalam semalam. Banyak perjuangan yang harus dia lalui.

Saat masa kuliah Zhang sempat beralih jurusan dari mikroelektronika ke rekayasa perangkat lunak. Saat itulah dia juga bertemu dengan istrinya saat ini.

Ketika lulus dari Universitas Nankai, dia bekerja di perusahaan yang bernama Kuxun sebagai karyawan yang pertama. Di tahun kedua dia bekerja, Zhang sudah memiliki tanggung jawab terhadap sekitar 40-50 karyawan bawahannya. Dia memegang tanggung jawab untuk urusan teknologi back-end dan tugas lain yang terkait dengan produk. Rasa tanggung jawab itulah yang dia pegang sebagai etos kerja.

"Saat itu saya bertanggung jawab atas teknologinya, tapi ketika produknya bermasalah, saya akan aktif berpartisipasi dalam pembahasan product plan. Banyak orang mengatakan bukan ini yang seharusnya saya lakukan. Tapi saya ingin mengatakan: rasa tanggung jawab Anda dan keinginan Anda untuk melakukan sesuatu dengan baik, akan mendorong Anda untuk melakukan lebih banyak hal dan mendapatkan pengalaman," kata Zhang.

Sebagai seorang insinyur pada saat itu, pengalaman dan keterlibatan Zhang di sektor bisnis akhirnya terbukti berguna dalam usahanya sendiri.

"Saya ingat pada akhir tahun 2007, saya pergi menemui klien dengan direktur penjualan. Pengalaman ini memberitahu saya penjualan apa yang merupakan penjualan yang baik. Ketika saya mendirikan Toutiao dan merekrut staf, contoh-contoh ini sangat membantu saya," kenangnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2