Bintarti Yulianto, 'Kartini' yang Jadi Bos Teknik Blue Bird

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 21 Apr 2021 06:45 WIB
Bintarti Yulianto, Kartini yang Jadi Bos Teknik Blue Bird
Foto: Dok. Istimewa

Bintarti menjelaskan keleluasaan wanita saat ini dalam mewujudkan cita-cita tidak terlepas dari perjuangan Kartini di masa lampau. Untuk itu, di Hari Kartini ini dia mengajak wanita untuk terus memperjuangkan semangat itu.

"Kartini itu yang mendobrak semua budaya patriarki, paling tidak kita bisa maju seperti sekarang ini, punya peran yang relatif sama dengan laki-laki itu tonggak sejarahnya karena Ibu Kartini. Tanpa dia mendobrak tradisi dan culture seperti di zamannya, mungkin kita masih dalam kondisi terbelakang," katanya.

Di Blue Bird, Bintarti menjelaskan bahwa kesetaraan gender sudah lama menjadi budaya. Di mana sosok perempuan diberikan kesempatan untuk menjadi pemimpin, termasuk pendirinya yang juga perempuan yakni Mutiara Fatimah Djokosoetono.

"Selama kamu mampu, kamu bisa, kamu berprestasi, why not kamu bisa ada di manapun. Blue Bird sendiri kan pendirinya juga perempuan, sekarang CEO-nya perempuan, kita juga punya banyak VP, direktur perempuan. Ini yang akhirnya culture kita sudah membentuk tidak ada perbedaan. Sekarang pun kita punya driver-driver perempuan cukup banyak," jelasnya.

Di divisi teknik, Bintarti juga tak sendirian sebagai perempuan, masih ada dua rekannya sebagai sekretaris dan master data analyst. Namun hanya Bintarti satu-satunya perempuan yang sering turun ke lapangan.

"Di bagian teknik ceweknya saya sama sekretaris saya. Terus kita juga punya yang namanya master data analyst juga cewek yang sifatnya nggak ke lapangan lah," tandasnya.

Nah di Hari Kartini ini, siapa sosok yang menginspirasi kamu?


(aid/ara)