Kisah Inspiratif

Konglomerat Ini Pernah Jadi Cleaning Service, Kini Jadi Bos Bank Besar

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 30 Jun 2021 07:30 WIB
Roman Avdeev
Foto: dok. Romanavdeev.ru
Jakarta -

Seorang konglomerat Rusia bernama Roman Avdeev menjadi inspirasi karena perjuangan hidupnya hingga menjadi bos besar. Di masa lalu, Avdeev diketahui pernah menjadi buruh dan cleaning service sebelum menjadi bos sekaligus pemilik salah satu bank di negaranya.

Avdeev adalah sosok konglomerat yang terkenal di Rusia, terutama dengan sifat dermawannya. Kegigihannya dalam meniti karier juga membuatnya disorot oleh masyarakat Rusia.

Pria yang lahir pada 17 Juli 1967, tak hanya bos bank besar, Avdeev juga merupakan kepala keluarga dari 23 anak, 4 anak kandung, dan sisanya diadopsinya bersama sang istri Elena.

Kini Roman Avdeev memiliki kekayaan US$ 1,7 miliar atau Rp 24,5 triliun (kurs Rp 14.423) menurut catatan Forbes. Kekayaannya naik dari sebelumnya pada Juli 2020 sebesar US$ 1,1 miliar. Semua kekayaan yang dia miliki, ia peroleh sejak meniti karier di dunia perbankan.

Dilansir Yo Success, Avdeev adalah pemilik sekaligus Presiden Direktur Moscow Credit Bank (MCB). Avdeev juga menjabat sebagai direktur dari lembaga dana pensiun swasta, Soglasie.

Ternyata, meski kini menjadi bos sebuah bank besar, sejak kecil Roman Avdeev bermimpi menjadi seorang arkeolog bukan menjadi pebisnis atau bankir. Dia pun memasuki Institut Energi di ibu kota Rusia, Moskow setelah lulus dari sekolah menengah. Setelah satu tahun pelatihan di institut, dia kemudian dipanggil menjadi tentara.

Kisah Roman Avdeev sebagai cleaning service di halaman berikutnya.