Penemu Teka-teki Sudoku Meninggal Dunia

Trio Hamdani - detikFinance
Rabu, 18 Agu 2021 08:37 WIB
Pencil lying on a sudoku grid
Foto: thinkstock
Jakarta -

Penemu permainan asah otak Sudoku, Maki Kaji meninggal pada usia 69. Penerbit dan pembuat teka-teki yang sangat populer di berbagai belahan dunia itu meninggal bulan ini karena kanker saluran empedu.

Kabar tersebut diketahui dari Nikoli, perusahaan majalah teka-teki yang didirikannya. Dia berusia 69 tahun saat mengembuskan napas terakhir. Demikian disadur detikcom dari CNN, Rabu (18/8/2021).

Butuh bertahun-tahun bagi Sudoku untuk menjadi hit di seluruh dunia. Tetapi pada akhir 1990-an, teka-teki itu mulai muncul di surat kabar Barat. Pada pertengahan 2000-an, majalah-majalah di Inggris, AS, dan kantong dunia Barat lainnya menerbitkan teka-teki Sudoku mereka sendiri. Tapi Kaji hanya memiliki merek dagang Sudoku di Jepang. Teka-teki Sudoku lainnya adalah peniru yang tidak dia tangani.

"Saya tidak menjadi jutawan, tetapi saya senang Sudoku sekarang dicintai oleh miliaran orang," katanya pada kejuaraan Sudoku tahun 2008.

"Saya senang staf saya mengatakan bahwa mereka bangga dengan pekerjaan mereka, saya menikmati segelas anggur dengan istri saya setiap malam, dan saya menikmati pacuan kuda setiap akhir pekan. Saya sangat puas dengan keadaan saya," sambung Kaji.

Nicoli terus menerbitkan majalah secara musiman, yang sering kali terdiri dari teka-teki yang dikirim oleh pembaca. Kaji menolak mengaitkan makna dengan teka-teki yang diterbitkannya. Teka-teki itu tidak dimaksudkan untuk menginstruksikan atau bahkan menantang mereka yang berusaha untuk menyelesaikannya.

"Mereka hanya untuk bersenang-senang, tanpa alasan, tanpa tujuan," katanya.

Godfather of Sudoku itu pensiun sebagai CEO Nikoli pada bulan Juli, tetapi perusahaan berjanji untuk terus memberikan teka-teki yang menyenangkan dan menarik kepada dunia.

Lihat juga Video: Eks Manajer Timnas Indonesia Andi Darussalam Tabusalla Meninggal Dunia

[Gambas:Video 20detik]



(toy/eds)