Terpopuler Sepekan

Mengenal Haji Isam, Crazy Rich Kalsel yang Pabriknya Diresmikan Jokowi

Aulia Damayanti - detikFinance
Sabtu, 23 Okt 2021 14:00 WIB
Haji Isam dan Jokowi
Haji Isam dan Jokowi/Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden (Muchlis Jr)
Jakarta -

Nama Andi Syamsuddin Arsyad alias Haji Isam kembali menjadi sorotan. Jika sebelumnya, disorot gara-gara terseret kasus korupsi pejabat pajak, kini disorot karena pabrik biodieselnya diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sebagai informasi, pabriknya terletak di Kalimantan dan dikelola PT Jhonlin Agro Raya (JAR) anak usaha Jhonlin Group.

Dalam catatan detikcom dikutip Sabtu (23/10/2021), Haji Isam diketahui memiliki perusahaan Jhonlin Group yang bergerak di berbagai macam industri, salah satu yang besar adalah pertambangan. Perusahaannya berbasis di Batu Licin Kalimantan Selatan.

Haji Isam memang sudah tidak asing, dia disebut-sebut sebagai crazy rich Kalimantan Selatan karena kekayaannya. Tidak ada sumber terbuka yang menyebutkan total kekayaan milik Haji Isam. Hanya saja, dalam pemberitaan detikcom sebelumnya, Haji Isam memiliki penghasilan per bulan mencapai Rp 40 miliar.

Untuk usahanya, selain bisnis pertambangan Ia juga disebut memiliki usaha lain yang masih di bawah naungan Jhonlin Group. Dari penelusuran detikcom, usahanya ada yang bergerak di sektor media, penyewaan jet pribadi, properti, dan lain sebagainya. Bahkan, perusahaannya ini juga memiliki sebuah tim mobil balap bernama Jhonlin Racing Team.

Sosok Haji Isam juga pernah viral setelah acara lamaran anaknya digelar sangat mewah. Sang anak, Liana Jhonlin, saat itu dilamar pada 1 Januari 2020.

Acara tersebut dilangsungkan secara mewah di rumahnya di Banjarmasin, Kalsel. Bukan saja mewah, acara itu juga dihadiri artis papan atas Indonesia, pengisi acaranya pun dijemput menggunakan jet pribadi.

Haji Isam jadi sorotan terseret kasus korupsi pajak. Cek halaman berikutnya.



Simak Video "Respons KPK Kala Haji Isam Laporkan Saksi Kasus Suap ke Bareskrim Polri"
[Gambas:Video 20detik]