ADVERTISEMENT

Kisah Inspiratif

Terlahir Miskin dan Jadi Yatim Piatu, Abramovich Kini Jadi Bos Bola Kaya Raya

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 15 Feb 2022 08:13 WIB
LONDON, ENGLAND - AUGUST 29:  Chelsea owner Roman Abramovich ahead of the Barclays Premier League match between Chelsea and Burnley at Stamford Bridge on August 29, 2009 in London, England.  (Photo by Phil Cole/Getty Images)
Foto: (Getty Images)
Jakarta -

Pengusaha sukses alias crazy rich asal Rusia yang juga pemilik klub bola Chelsea, Roman Abramovich memiliki kekayaan yang melimpah.

Pria kelahiran 24 Oktober 1966 ini bukanlah anak laki-laki yang terlanjur kaya sejak lahir, dia bahkan lahir dari orang tua yang miskin dan pada usia dua tahun dia menjadi yatim piatu.

Ibu Abramovich Irina Abramovich Ostrowski meninggal sebelum dia berusia dua tahun. Kemudian disusul sang ayah Arkady Abramovich yang meninggal akibat kecelakaan konstruksi. Akhirnya dia dibesarkan oleh sang kakek di Lithuania.

Dikutip dari inc.com disebutkan, ketika Abramovich kuliah di Moscow Auto Transport Institute tahun 1987 dia memulai sebuah usaha kecil-kecilan dengan menjual mainan plastik.

Usaha inilah yang akhirnya membuat dia beralih ke bisnis minyak dan dia menjadi pengusaha sukses di industri perminyakan. Pada 2005 perusahaanya dijual kepada perusahaan gas milik negara Gazprom seharga US$ 13 miliar.

Dikutip dari Forbes Abramovich menduduki posisi ke 142 orang terkaya di dunia. Kekayaannya mencapai US$ 12,8 miliar.

Saat ini Abramovich memiliki perusahaan baja Evraz, Norilsk Nickel. Abramovich juga pernah menjabat sebagai Gubernur di Chukotka pada periode 17 Desember 2000 sampai 3 Juli 2008.

Tak cuma itu, dia juga gemar membantu anak-anak dan mendirikan yayasan amal dengan harapan bisa membantu rakyat Chukotka lebih banyak. Bahkan ketika dia menjabat sebagai gubernur, dia rela mengeluarkan uang dalam jumlah yang besar.

Untuk pembangunan sarana pendidikan, sarana kesehatan sampai perguruan tinggi.

Kemudian Abramovich mengakuisisi Chelsea Football Club pada 2003. Dibelinya Chelsea oleh Roman ini membuat strategi permainan dan kemampuan Chelsea membeli pemain menjadi berubah total.



Simak Video "Moorissa Tjokro: Berpikir Kritis Jadi Keterampilan yang Wajib Diasah"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT