Mengenal Nyoman Nuarta, Petani Cilik yang Jadi Maestro Pematung RI

Aulia Damayanti - detikFinance
Senin, 21 Feb 2022 09:25 WIB
NuArt Sculpture Park - I Nyoman Nuarta
Foto: dok.detikFood
Jakarta -

Perancang Istana Negara Ibu Kota Negara (IKN) baru, Nyoman Nuarta terkenal dengan berbagai karya seni rupa ikonik yang tersebar di mana-mana. Dia mengungkapkan telah tertarik di dunia seni sejak kecil, mengingat lingkungannya yang erat dengan budaya.

Meski Nyoman kecil telah tertarik dengan dunia seni rupa, besar di Desa Tegallinggah Bali, semasa kecil Nyoman hanyalah seorang anak kecil yang suka sekali dengan pertanian. Bahkan di bangku sekolah dasar, Nyoman sudah berinisiatif menggarap ladang sendiri.

"Saya dari kelas 3-4 itu sudah bertani dengan orang tua. Bahkan kelas 4 saya punya tanggung jawab mengelola ladang saya, dengan ternak ternak itu saya diberi tanggung jawab. Saya minta dengan orang tua saya, saya minta dikasihkan kekuasaan di situ," katanya dalam program Ask d'Boss detikcom.

Lahir di Tabanan 14 November 1951, Nyoman besar bersama paman dan tantenya yang telah dianggap sebagai orang tuanya sendiri. Meski hanya seorang petani, Nyoman telah terbiasa dengan lingkungan budaya, apa lagi pamannya merupakan seniman juga.

Kemudian, lebih mengenal lagi dunia seni rupa di masa sekolah dasar (SD). Nyoman mengungkap, yang mendorong bakatnya melukis yakni gurunya sekaligus pelukis bernama Ketut Dharma Susila.

"Dialah yang melihat saya, jadi saya diadu-adulah sama yang kelihatannya berbakat. Kita punya majalah dinding, sekarang saya dapat A besoknya dapat B, teman saya dapat A. Jadi setiap hari kita nggak mau kalah," ucapnya.

Tidak hanya melukis, Nyoman juga terkenal dengan kemampuannya di bidang arsitektur semasa SMA. Dia mengaku sering sekali membuat bangunan-bangunan arsitek sampai semua kerabat dekatnya mengira dia akan menjadi arsitek.

"Saya kan SMA, tadinya orang-orang di kampung saya akan ambil arsitek kan ada insinyur kan di kampung kalau insinyur naik kelas. Nah itu jadi semua termasuk dokter saya mengharapkan saya jadi arsitek," tuturnya.

Hingga duduk di bangku perkuliahan, Nyoman Nuarta yang kala itu masuk Institut Teknologi Bandung (ITB) mengambil jurusan Seni Patung. Karya patungnya pun sejak duduk di bangku kuliah hingga saat ini telah banyak dibangun.