ADVERTISEMENT

Kisah Inspiratif

Kisah Mohammed Al-Amoudi, Raja Minyak yang Jadi Orang Terkaya Afrika

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 07 Apr 2022 03:45 WIB
Mohammed Al Amoudi
Mohammed Al Amoudi/Foto: Dok. Forbes
Jakarta -

Mohammed Al Amoudi merupakan pengusaha kelahiran Ethiopia yang menjadi salah satu orang terkaya di Afrika dan dunia. Kekayaannya diperoleh dari bisnis di bidang konstruksi, real estat, kilang minyak, dan bisnis lainnya.

Ia lahir pada 21 Juli 1946 di kota Dessie di Ethiopia dan dibesarkan di kota bernama Woldia. Dia akhirnya berimigrasi ke Arab Saudi dengan saudaranya.

Mohammed Al Amoudi menikah dengan Soniat Saleh Selassie Al Amoudi dan memiliki delapan anak. Saat ini dia membagi waktunya antara London dan Arab Saudi.

Masa-masa suksesnya menjadi konglomerat saat meniti karir di Arab Saudi. Kekayaan pertamanya didapat dari proyek konstruksi dan real estat di Arab Saudi. Demikian dikutip dari Celebrity Net Worth, Rabu (6/4/2022). Kemudian, uang hasil proyek itu dia kembangkan untuk bisnis kilang minyak yang meluas ke Ethiopia, Swedia dan Maroko.

Untuk di Ethiopia sendiri, Al Amoudi tak seperti kacang lupa kulitnya. Dia turut menggerakkan perekonomian tempat kelahirannya dengan berinvestasi di tambang emas yang berkontribusi hasil ke pemerintah Ethiopia.

Selain itu, Al Amoudi juga membangun pabrik semen dan lahan pertanian di Ethiopia. Hasil pertaniannya diekspor ke berbagai negara, termasuk dipakai oleh perusahaan-perusahaan ternama seperti Starbucks dan Lipton. Hingga saat ini Al-Amoudi menguasai 70% minyak Ethiopia dan menghasilkan 4 ton emas setiap tahun.

Jumlah kekayaan Mohammed Al-Amoudi di halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT