Kisah Inspiratif

Zhang Yiming, Pendiri TikTok yang Makin Kaya Karena Tak Pernah Menyerah

Aulia Damayanti - detikFinance
Senin, 13 Jun 2022 07:30 WIB
Zhang Yiming
Zhang Yiming/Foto: Dok. Reuters
Jakarta -

Pendiri ByteDance Technology Co, Zhang Yiming salah satu konglomerat di China yang kini hartanya semakin banyak. Zhang lahir pada 1983 dan menjadi milenial China yang masuk daftar orang terkaya di dunia.

Lewat media sosial yang dia ciptakan yakni TikTok, harta Zhang semakin banyak. Dalam catatan detikcom, pada 2020 hartanya US$ 16,2 miliar, kini Forbes mencatat Zhang masuk urutan 25 orang terkaya di dunia

Kekayaan bersihnya US$ 49,5 miliar atau Rp 715 triliun (kurs Rp 14.453). Hartanya bertambah berkat aplikasi yang dibuatnya pada 2012 seperti TikTok dan Jinri Toutiao.

Pada usia 38 tahun, Zhang menjadi konglomerat muda kedua yang ada dalam daftar 25 orang terkaya di dunia. Termuda pertama ialah bos Meta, Mark Zuckerberg berusia 37 tahun yang menduduki urutan 15 dengan harta US$ 67,3 miliar.

Berstatus sebagai orang yang kaya di usia muda, Zhang memperoleh pundi-pundi uangnya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Dalam perjalanan bisnisnya, dia bahkan pernah gagal di bisnis pertamanya.

Sebelum menggeluti bisnis, Zhang kuliah dan lulus dari Universitas Nankai pada 2005. Ia belajar mikroelektronika sebelum beralih jurusan ke rekayasa perangkat lunak.

Setelah lulus, Zhang mendapatkan pekerjaan di sebuah perusahaan rintisan yang membantunya memperoleh keterampilan berharga. Dari pengalaman ini, Zhang bisa membangun perusahaannya sendiri.

"Saya bergabung dengan sebuah perusahaan bernama Kuxun dan saya adalah salah satu karyawan pertama. Saya adalah seorang insinyur biasa pada awalnya, tetapi pada tahun kedua, saya bertanggung jawab atas sekitar 40 hingga 50 orang yang bertanggung jawab atas teknologi back-end dan tugas-tugas lain yang terkait dengan produk," katanya dikutip dari Global Leader Today.

Zhang mulai bisnis pertama namun gagal. Cek halaman berikutnya.