Kisah Nicke Widyawati, Tukang Panjat Tower yang Jadi Bos Pertamina

ADVERTISEMENT

Kisah Inspiratif

Kisah Nicke Widyawati, Tukang Panjat Tower yang Jadi Bos Pertamina

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 02 Nov 2022 06:45 WIB
Dirut Pertamina Nicke Widyawati
Dirut Pertamina Nicke Widyawati/Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di sektor energi, PT Pertamina (Persero) dipimpin oleh wanita bernama Nicke Widyawati. Wanita kelahiran Tasikmalaya 25 Desember 1967 ini sukses masuk ke daftar perempuan berpengaruh skala internasional, antara lain dari Fortune tahun 2020, Forbes tahun 2021, dan Fortune 2022.

Di BUMN Nicke bukanlah orang baru, dari laman resmi Pertamina disebutkan dia pernah menjabat sebagai Direktur Sumber Daya Manusia (SDM), lalu memegang posisi Plt Direktur Logistik, Supply Chain dan Infrastruktur.

Nicke juga pernah menjadi Direktur Pengadaan Strategis 1 PT PLN, lalu menduduki Direktur Utama PT Mega Eltra yang merupakan kontraktor listrik di lingkungan holding PT Pupuk Sriwijaya. Tak cuma itu, Dia juga pernah menjabat Direktur Bisnis di PT Rekayasa Industri (Rekind) dan Vice President Corporate Strategy Unit (CSU) di perusahaan yang sama.

Dalam saluran YouTube BUMN Muda di video berjudul "Teh Nicke dan Tekad Kerasnya Memajukan Energi Dalam Negeri", Nicke mendapatkan sebuah kotak misteri, ternyata isinya adalah helm proyek berlogo Rekind. Nicke diminta oleh host untuk menceritakan kenangan saat dirinya berada di Rekind. Sambil tersenyum, Nicke menceritakan jika Rekind merupakan tempat yang membuat dirinya bermimpi.

"Di sinilah impian saya berawal, dari seorang bankers. Sambil kuliah kan jadi bankers, lulus saya ambil profesi sebagai engineer di lapangan. Jadi saya gunakan helm ini setiap hari, manjat-manjat tower, kemudian keliling di lapangan, ini saya lakukan bertahun-tahun," ujar dia.

Dia menyebut, di Rekind selama 23 tahun dia mempelajari banyak hal yang luar biasa. Masuk sebagai engineer di lapangan. Kemudian masuk ke corporate management, lalu masuk ke human capital management, kemudian pindah ke finance management, kemudian pindah ke divisi bisnis.

"Artinya hampir semua fungsi saya kelilingi selama 23 tahun di Rekind. Jadi pertama kali Indonesia bisa bangun pabrik pupuk secara mandiri di Usri 1B. Saya jadi project engineer di sana. Saya bertemu dengan suami saya di sana," kenang Nicke.

Tak cuma itu, Nicke juga menggarap proyek untuk offshore. "Itu yang sekarang dikelola Pertamina ya di Exxon untuk pertama kalinya kemudian transfer teknologi. Bagaimana teknologi dilakukan oleh putra putri terbaik bangsa," jelasnya.

Nicke Dirut Pertamina dua periode. Cek halaman berikutnya.

Lihat juga Video: Mau Coba Ganti Merek Bensin, Perlu Kuras Tangki Nggak?

[Gambas:Video 20detik]




ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT