5 Hal yang Paling Dicari HRD dari Pelamar Kerja

Jihaan Khoirunnisa - detikFinance
Sabtu, 16 Okt 2021 17:32 WIB
Businesswoman Interviewing Male Candidate For Job Holding Pen With Digital Tablet On Table
Ilustrasi/Foto: Thinkstock
Jakarta -

Melamar kerja jadi hal yang susah-susah gampang untuk dilakukan. Ada kalanya kamu merasa percaya diri namun tidak lolos saat proses seleksi.

Hal ini tentu membuatmu jadi bertanya-tanya, kualitas kandidat seperti apa yang dicari oleh rekruter? Sebab IPK saja rasanya tidak cukup tanpa dibekali kemampuan lain. Buat kamu, khususnya lulusan baru yang belum pernah melamar kerja, yuk simak dulu 5 hal penting yang dilirik HRD dari pelamar kerja, seperti dikutip dari Forbes.

Kesesuaian Resume dengan Lowongan

Tentu, hal pertama yang dilihat HRD atau rekruter adalah resume Anda. Apakah resume yang dikirimkan telah sesuai dengan kriteria lowongan. Utamanya terkait deskripsi pekerjaan yang dilamar. Jadi, cantumkan pengalaman kerja, skill, serta pencapaian yang sejalan dengan informasi pada lowongan kerja. Resume tak perlu panjang, asalkan dapat menggambarkan dengan jelas Anda adalah calon kandidat yang sesuai.

Kemampuan Mengikuti Arahan

Saat ini pekerjaan remote semakin populer. Artinya, pegawai tidak harus datang ke kantor, melainkan bisa bekerja dari rumah. Namun, dalam hal ini tentu komunikasi antartim menjadi terbatas. Oleh karena itu, kemampuan komunikasi, terutama kemampuan dalam mengikuti arahan menjadi hal penting yang perlu dimiliki oleh pelamar kerja.

Sebab semua arahan tugas tidak disampaikan secara langsung, melainkan lewat media online seperti chat maupun email. Kemampuan mengikuti arahan ini ternyata dapat dilihat oleh HRD bahkan sejak tahap seleksi lamaran kerja. Apakah calon kandidat bisa memenuhi seluruh syarat yang diperlukan selama proses seleksi, mulai dokumen dan lainnya.

Fleksibilitas dan Tangkas

Seiring dengan perkembangan zaman, tantangan di dunia kerja menjadi semakin kompleks. Untuk itu dibutuhkan calon karyawan yang tidak hanya kompeten, tapi juga agile atau tangkas. Selain itu, penting juga bagi Anda sebagai pelamar kerja untuk menjadi lebih fleksibel. Artinya, Anda tidak boleh kaku dan harus mampu beradaptasi terhadap pekerjaan yang diterima.

Bersambung ke halaman berikutnya. Langsung klik halaman kedua