Cara Curi Perhatian Si Bos yang Jarang Beri Apresiasi

Jihaan Khoirunnissa - detikFinance
Jumat, 22 Okt 2021 14:15 WIB
Karir
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Dalam dunia kerja, meraih perhatian atasan atau bos bisa membantu karier agar lebih cepat berkembang. Namun, menarik perhatian bukan berarti harus 'menjilat', ya.

Ada beberapa trik efektif yang bisa Anda praktikkan untuk memberikan kesan positif kepada atasan. Ini sebagai bentuk profesionalitas Anda dalam bekerja demi mendukung kelangsungan karier ke depan. Apa saja? Simak penjelasannya berikut ini seperti dikutip dari Life Hacker.

Cari Tahu Goals Atasan

Sebagai karyawan, terkadang Anda hanya fokus pada tujuan pribadi. Hingga seringkali Anda lupa jika ada peran untuk mendukung kesuksesan goals atasan. Jadi, untuk bisa mencuri perhatian atasan, pastikan Anda mencari tahu tujuan khusus yang ingin dia capai. Sehingga ke depan tujuan serta goals tersebut bisa lebih diperhatikan, terutama dalam mengerjakan pekerjaan Anda.

Mencapai Target

Jika Anda diberikan tugas oleh atasan, pastikan untuk mengerjakannya dengan baik dan sesuai target, terutama target soal tenggat waktu. Jika memungkinkan, kerjakan tugas dan kumpulkan lebih cepat dari batas waktu yang ditentukan, maksimal 1 hari sebelum deadline. Dengan begitu atasan masih memiliki waktu untuk mengecek apakah tugas tersebut telah sesuai.

Tawarkan Solusi, Bukan Masalah

Sebagai karyawan, tidak jarang Anda menghadapi kendala saat menyelesaikan pekerjaan. Namun jangan langsung bertanya soal masalah tersebut ke atasan. Ada baiknya Anda memikirkan terlebih dahulu solusi yang bisa dicoba, kemudian tanyakan soal opsi tersebut ke atasan. Dengan begitu Anda akan mempermudah pekerjaan atasan, bukan malah menambah bebannya.

Jaga Komitmen

Komitmen dibutuhkan dalam bekerja. Utamanya jika ingin mendapat apresiasi dan penilaian positif dari atasan. Jika Anda berjanji akan menyelesaikan laporan di hari Jumat, usahakan untuk menepati janji tersebut. Jangan sampai Anda datang tanpa persiapan alias laporan yang diminta belum selesai dikerjakan. Karyawan yang memiliki komitmen tinggi sejatinya merupakan karyawan impian karena janjinya bisa dipegang dan dia bisa diandalkan oleh atasan.

Itulah tadi hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk bisa mencuri perhatian si bos yang jarang memberikan apresiasi.

Namun, tak hanya karyawan saja yang punya tugas untuk menyenangkan hati atasan. Melainkan, atasan maupun perusahaan juga perlu memberikan apresiasi atas kerja keras karyawan.

Dengan begitu, mereka akan merasa lebih dihargai sehingga diharapkan bisa mendorong semangat kerja dan produktivitas. Di samping itu, ada hal-hal lain yang bisa menjadi tolak ukur dalam menilai kinerja karyawan, sebut saja kemampuan bekerja sama, disiplin waktu, dan lainnya.

Di samping berupaya mendorong produktivitas karyawan, perusahaan juga dapat mencari bibit-bibit karyawan baru. Hal ini untuk membantu perkembangan perusahaan agar semakin maju. Perusahaan dapat berpartner dengan Jobstreet supaya peluang diketahui calon kandidat potensial semakin besar.

[Gambas:Youtube]




(ads/ads)