Wajib Tahu! 5 Hal Penting buat Berkarier di Sektor Pariwisata

Nada Zeitalini Arani - detikFinance
Senin, 20 Des 2021 14:39 WIB
Ilustrasi Jurusan Pariwisata
Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Merintis karier di bidang pariwisata bisa jadi hal yang menyenangkan. Sebab tak dipungkiri selama berkarier di bidang pariwisata sangat memungkinkan kamu bisa merasakan berkeliling nusantara dan dunia.

Berdasarkan data dari World Travel and Tourism Council melaporkan bahwa industri perjalanan dan pariwisata membuka sekitar 10% lapangan pekerjaan di seluruh dunia. Bidang pariwisata juga menjadi pendorong utama pertumbuhan ekonomi di banyak negara.

Meskipun kondisi pandemi saat ini tidak memungkinkan, bidang industri pariwisata masih tetap membutuhkan tenaga kerja yang siap berinovasi pasca pandemi. Berkarier di bidang pariwisata membuka akses dan jaringan yang luas, baik dalam lingkup nasional maupun internasional.

Sangat mungkin bagi pekerja di dunia pariwisata bepergian ke luar kota maupun luar negeri. Adapun untuk berkarier di bidang pariwisata, kamu perlu memiliki beberapa ilmu yang dipelajari, sebagai berikut:

1. Produksi Makanan/Kuliner

Dunia kuliner menjadi salah satu bagian dalam bidang pariwisata. Produksi makanan bisa jadi pilihan pelajaran yang ditekuni. Misalnya mempelajari membuat makanan tertentu seperti pastry dan cuisine.

2. Resto dan Cafe

Resto dan Cafe juga masuk dalam bidang pariwisata yang bisa kamu pelajari. Misalnya dengan mempelajari lebih dalam tentang food, beverages, supplying, dan menu planning.

3. Manajemen Hotel

Ketiga adalah dunia perhotelan yang paling lekat dengan bidang pariwisata. Kuasai dasar-dasar operasional hotel seperti guest hosting dan room management.

4. Event Tourism Planning

Pada bagian ini kamu bisa mempelajari beberapa pelajaran bidang pariwisata sekaligus. Seperti sisi manajemen konsep dan acara, mendesain pengalaman acara antar budaya, hingga manajemen SDM dalam industri ini.

5. Kolaborasi Proyek

Kegiatan menarik yang juga bisa mengantarkan kamu pada karier bidang pariwisata adalah kolaborasi proyek. Yaitu dengan melakukan kerja sama dengan berbagai komunitas lokal maupun internasional, industri, juga pemerintah, menghadapi isu-isu sosial yang aktual.

Anda tertarik berkarier di sektor pariwisata? Langsung klik halaman berikutnya, ada informasi menarik