Follow detikFinance
Selasa 21 Mar 2017, 12:44 WIB

Anggrek Thailand Dicari Pembeli untuk Hiasan di Acara Pernikahan

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Anggrek Thailand Dicari Pembeli untuk Hiasan di Acara Pernikahan Foto: Fadhly Fauzi Rachman/detikFinance
Jakarta - Bunga anggrek memang menarik dipandang mata, bunga hias bernama latin orchidaceae itu banyak peminatnya di dalam negeri. Hanya saja, tak semua anggrek yang beredar asli Indonesia, ada juga yang diimpor dari.

Menurut pengakuan Jeni, salah satu di Pasar Bunga Rawa Belong, Jakarta Barat, baik bunga anggrek impor mau pun lokal masih banyak diminati masyarakat.

Jeni mengatakan, bunga anggrek jenis anggrek dendrobium sonia yang memiliki warna ungu di bagian kelopak dan jenis anggrek putih yang di impor dari Thailand itu banyak dibeli pada saat acara-acara tertentu, seperti untuk acara pernikahan atau acara serupa lainnya.

Baca juga: RI Impor Anggrek dari Thailand, Ini Penampakannya

"Jadi kalau untuk acara-acara seperti pernikahan biasanya banyak yang pakai dari impor, karena ukurannya lebih besar," ungkap Jeni kepada detikFinance di kiosnya, Jakarta, Selasa (21/3/2017).

Sedangkan untuk anggrek lokal dengan jenis serupa, kata Jeni, biasanya dibeli masyarakat untuk hiasan pribadi rumah tangga. Jarang digunakan untuk hiasan acara-acara besar.

"Kalau yang lokal, biasanya untuk di pakai sendiri. Misalnya ditaruh di meja makan, untuk hiasan lah. Karena ukurannya yang tidak terlalu besar. Semua laris-laris saja, tergantung pemakaian untuk apa," kata Jeni.

Baca juga: Anggrek Asal Thailand Masuk RI Sejak 2004

Lebih lanjut Jeni mengatakan, biasanya anggrek-anggreknya laris dibeli saat hari besar. Seperti hari Lebaran, Imlek, mau pun perayaan Natal.

"Kalau saat-saat itu yang pesan banyak, berkali-kali lipat dari hari biasanya. Kalau anggrek impor, bisa laku sampai 15 sampai 20 bungkus. Kalau hari biasa kan paling 3 sampai 5 bungkus," tuturnya. (hns/hns)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed