Follow detikFinance
Selasa 16 May 2017, 15:28 WIB

China Hidupkan Jalur Sutra, Apa Untungnya Bagi Negara Lain?

Muhammad Idris - detikFinance
China Hidupkan Jalur Sutra, Apa Untungnya Bagi Negara Lain? Foto: Pool/Laily/Biro Pers Setpres.
Jakarta - China berambisi menghidupkan Jalur Sutra Baru lewat program One Belt One Road (OBOR) untuk meningkatkan perdagangan dengan banyak negara. Negeri Panda itu bahkan siap menggelontorkan dana sebesar Rp 1.649 triliun untuk membangun jaringan infrastruktur berbagai negara.

Presiden China, Xi Jinping, menjanjikan kerja sama saling menguntungkan untuk negara-negara yang bersedia bergabung dalam OBOR. Jalur Sutra Baru ini bisa melipatgandakan nilai perdagangan dengan multiplier effect berupa peningkatan penerimaan pajak sebesar US$ 1,1 miliar dan penambahan lapangan kerja lokal sebanyak 180.000 orang.

Baca juga: Hidupkan Jalur Sutra, China Gencar Investasi ke Seluruh Dunia

"China akan membangun kemitraan bisnis yang saling menguntungkan dengan negara-negara yang berpartisipasi dalam inisiatif Jalur Sutra Baru," kata Xi seperti dikutip dari CNBC.com, Selasa (16/5/2017).

Dikutip dari china.org.cn, tahun lalu China sudah berinvestasi di negara-negara yang masuk dalam OBOR dengan nilai US$ 14,5 miliar. Sementara untuk nilai perdagangannya dengan para negara yang dilewati Jalur Sutra Baru mencapai US$ 953,59 miliar.

Jalur Sutra Baru merupakan mimpi China membangkitkan kembali jalur perdagangan kuno yang membentang dari China Daratan sampai Eropa dan Afrika. Jalur akan menguatkan transportasi dan logistik yang melibatkan 56 zona perdagangan di 20 negara yang mewakili sepertiga GDP dunia, serta 60% dari populasi dunia.

Baca juga: Ambisi China Dominasi Ekonomi Dunia Lewat Jalur Sutra

"Total nilai perdagangan China dan negara-negara Jalur Sutra Baru sidah menembus US$ 3 triliun dari tahun 2014 sampai 2016. Investasi China ke negara-negara itu sudah melampaui US$ 50 miliar," ucap Xi. (idr/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed