Follow detikFinance
Senin 10 Jul 2017, 21:55 WIB

Calon Lokasi Ibu Kota Baru di 3 Provinsi Ini, Mana yang Cocok?

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Calon Lokasi Ibu Kota Baru di 3 Provinsi Ini, Mana yang Cocok? Foto: (Brigida Emi Lilia/d'Traveler)
Jakarta - Pemerintah melalui Badan Perencana Pembangunan Nasional (Bappenas) mengkaji pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke luar Jawa. Kalimantan menjadi calon kuat dengan 3 lokasi, yaitu Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan.

Lantas daerah mana yang layak menjadi Ibu Kota baru pengganti Jakarta?

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan, ketiga wilayah tersebut masih menjadi lokasi terdekat menjadi opsi Ibu Kota yang baru. Namun kajian soal tanah menjadi hal mendasar yang harus diperhatikan dari ketiga daerah tersebut.


"Kondisi soilnya itu. Karena kan sudah pasti gambut, rawa," ujar Basuki saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (10/7/2017).

Tiga daerah tersebut kata dia tidak memiliki struktur yang sama. Kalimantan Tengah, kota di mana Palangka Raya berada memiliki jenis tanah gambut dan tanah aluvial. Sedangkan karakteristik tanah di Kalimantan Timur berbeda lagi.

"Tiga itu tidak sama struktur tanahnya. Kalau di Kalimantan Timur enggak seperti di Kalimantan Tengah. Kalimantan Selatan agak sama, tapi di Kalimantan Timur itu kayak di Dumai karena daerah minyak," ucapnya.


Basuki masih menunggu kajian dari Bappenas untuk mengambil langkah selanjutnya terkait pemindahan Ibu Kota. Kondisi tanah menjadi perhatian lantaran akan menjadi pondasi pembangunan infrastruktur yang akan dibangun.

"Kalau saya sekarang planningnya, kotanya kayak apa, konsepnya kayak apa. Tahu lokasinya di mana, baru itu diterapkan, baru soil (tanah) investigasinya, detail desain," tutur Basuki. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed