Follow detikFinance
Selasa, 13 Feb 2018 11:53 WIB

Jeruk Mandarin dari China 'Menghilang', Diganti dari Pakistan

Trio Hamdani - detikFinance
Jeruk mandarin langka/Foto: Trio Hamdani Jeruk mandarin langka/Foto: Trio Hamdani
Jakarta - Jeruk Mandarin dari China sedang langka, seperti terjadi di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur. Keberadaannya digantikan jeruk dari Pakistan.

Pedagang jeruk, Sri Asih menuturkan saat ini dirinya tidak menjual jeruk mandarin. Stok dari negeri tirai bambu sama sekali kosong hingga hari ini.

"Jeruk Mandarin nggak ada. Adanya jeruk Pakistan. Kalau yang dari China belum, belum masuk," ujarnya kepada detikFinance di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa (13/2/2018).


Hal senada dikatakan pedagang lain, Heru. Di tokonya, saat ini stok jeruk mandarin hanya sedikit. Saat ini jeruk mandarin di tokonya mayoritas diisi dengan jeruk serupa berasal dari Pakistan.

"Langkanya mulai awal Februari udah mulai berkurang. Di sananya kan yang panen ini di Pakistan.

Pedagang jeruk lain bernama Ari juga tidak banyak menjual jeruk mandarin. Saat ini yang banyak beredar di pasaran adalah jeruk serupa dari Pakistan.



"Untuk sekarang paling banyak dari Pakistan. Kalau biasanya dari China paling banyak. Kurang tahu kenapa sekarang lagi banyak yang dari Pakistan," ujarnya.

"Iya benar lagi langka. Kurang tahu saya penyebabnya. Kalau kita tergantung musim. Biasanya kalau bulan 1-2 (Januari-Februari) jeruk ponkam mandarin banyak. Kalau sekarang nggak ada. Biasanya sampai depan toko itu numpuk, ini nggak ada," kata pedagang lain menambahkan. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed