Follow detikFinance
Selasa, 27 Feb 2018 18:05 WIB

Gara-gara Banjir, Petani Bawang di Brebes Rugi hingga Rp 18 M

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Imam Suripto/detikcom Foto: Imam Suripto/detikcom
Jakarta - Petani bawang di Brebes, Jawa Tengah, ditaksir merugi hingga Rp 18 miliar. Ini karena banjir yang terjadi beberapa waktu lalu.

Menurut Direktur Sayuran dan Tanaman Obat Kementerian Pertanian, Prihasto Seyanto, sebanyak 254 hektar lahan bawang merah dan 48 hektar lahan cabai yang terkena imbas dari banjir.

"Ada yang kena lahan bawang merah 254 hektar tidak bisa menghasilkan. Potensi kehilangan produksi 2.565 ton dengan taksiran kerugian Rp 18 miliar," kata Prihasto di kantor Direktorat Jenderal Hortikultura, Jakarta, Selasa (27/2/2018).


"Untuk cabai rawitnya, cabai besarnya yang terkena itu 48 hektar potensi kehilangan produksi 360 ton taksiran kerugian Rp 300 juta sampai Rp 400 juta," sambungnya.

Lebih lanjut, ia memaparkan kejadian tersebut terjadi di 6 kecamatan, yakni Bulakamba, Jatibarang, Wanasari, Brebes, Kersana dan Salem.

Prihasto menjelaskan Kecamatan Bulukamba adalah wilayah yang mengalami kerugian cukup besar untuk cabai yaitu seluas 30 hektar. Sedangkan Kecamatan Wanasari mengalami kerugian bawang mewah seluas 230 hektar.


Dia menambahkan, saat ini pemerintah berupaya memberikan asuransi kepada para petani yang mengalami kerugian.

"Kita upayakan untuk mereka masuk ke asuransi kita supaya asuransi ini bisa berjalan sama kaya di daerah rawan banjir," tutupnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed